Strategi Pemasaran Online untuk Meningkatkan Penjualan Produk

  • Bagikan
Wiji Dinda Lestari.

Oleh: Wiji Dinda Lestari*

 

PENJUALAN online akhir-akhir ini menjadi perbincangan hangat bagi masyarakat. Ditambah adanya Pandemi COVID-19 yang membuat masyarakat membatasi kegiatan di luar rumah.

Karenanya, belanja online menjadi hobi baru bagi para shopaholic, dimana banyak sekali kemudahan dan fleksibilitas dalam melakukan pembelian produk. Konsumen pun tidak harus keluar rumah untuk mendapatkan barang yang mereka butuhkan.

Hal ini tentunya memberikan ide baru bagi para menggiat bisnis untuk berinovasi dalam memasarkan produknya. Disadari atau tidak, selama pandemi ini penjualan online semakin meningkat, dilihat dari semakin banyaknya bisnis jasa pengiriman barang yang ada di Indonesia.

Menurut Kotler (2021:396): “komunikasi pemasaran online memungkinkan perusahaan menawarkan atau mengirimkan informasi atau pesan yang disesuaikan yang melibatkan konsumen dengan mencerminkan minat dan perilaku khusus mereka”.

Pemasaran merupakan suatu proses sosial, dimana setiap individu atau kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan juga mereka inginkan dengan menciptakan serta mempertukarkan produk dan nilai dengan individu dan kelompok lainnya.

Pemasaran juga merupakan ujung tombak dari kegiatan bisnis dalam rangka menjual produk yang mereka tawarkan kepada konsumen.

Jadi pemasaran yang baik dan berhasil, harus melalui konsep pemasaran yang baik dan benar yaitu dengan adanya perencanaan, pelaksanaan, pengarahan, serta pengendalian.

Bisnis mempunyai perencanaan dan tujuan yang berorientasi ke masa yang akan datang. Hal ini membuat para pegiat bisnis selalu melakukan kreativitas dan inovasi untuk meningkatkan penjualan produk yang mereka tawarkan.

Puncaknya adalah ketika merk dari produk tersebut sudah dikenal oleh konsumen, sehingga konsumen loyal dan melakukan pembelian ulang pada produk yang ditawarkan.

Ketika produk sudah dikenal konsumen luas maka akan memberikan peluang untuk bisa meningkatkan keuntungan yang lebih besar. Akan tetapi, kualitas barang atau jasa masih menjadi pemenang bagi konsumen untuk bisa tetap konsisten pada suatu merek produk tertentu.

Zaman digitalisasi saat ini, pemasaran bisa dilakukan dimana saja, terutama di beberapa media online atau biasa disebut dengan marketplace. Dimana marketplace adalah suatu wadah yang memberikan kemudahan bagi para penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi penjualan dan pembelian produk dengan lebih mudah, cepat, dan tepat.

Marketplace banyak sekali di minati oleh masyarakat yang mempunyai hobi berbelanja. Ada beberapa marketplace yang cukup terkenal di Indonesia yaitu Shopee, Tokopedia, Buka lapak, BliBli, Lazada, Bhineka dan lain sebagainya.

Berikut beberapa strategi dan tips untuk meningkatkan penjualan produk melalui pemasaran online :

Sumber: https://canva.me/RDN77kjBgqb
  1. Pilih Marketplace yang tepat

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih marketplace dan target pembeli yang tepat. Kedua hal ini merupakan kunci keberhasilan dari penjualan online.

Pilihlah marketplace yang sering dikunjungi oleh konsumen, mempunyai citra yang baik, serta dapat dipercaya. Tentukan target konsumen yang akan dituju sehingga produk tidak salah sasaran.

Misalnya, produk yang kita tawarkan adalah skincare yang sedang viral, maka kita harus mengidentifikasi apakah produk yang kita jual bisa digunakan oleh semua kalangan atau spesifikasi konsumen tertentu.

 

  1. Buatlah toko seunik mungkin

Toko yang unik atau berbeda dengan toko yang lain walaupun menjual produk yang sama akan menarik konsumen untuk membelinya.

Keunikan toko bisa dilakukan dengan beberapa cara seperti memberikan beberapa diskon untuk hari-hari perayaan atau hari-hari tertentu, memberikan gift untuk minimal pembelian, serta voucher belanja.

Misalnya, ketika konsumen membeli skincare dengan minimal harga Rp500.000 akan mendapatkan gift berupa facewash dan pouce.

 

  1. Kualitas pelayanan yang memuaskan

Kualitas pelayanan masih menjadi pemenang bagi setiap konsumen yang akan dan sudah melakukan pembelian barang.

Ketika konsumen dilayani dengan prima, maka konsumen akan merasa dihargai dan tertarik untuk membeli produk.

Akan tetapi, ketika konsumen dilayani kurang maksimal, maka konsumen akan berpindah mencari toko yang lain.

 

  1. Tampilkan testimoni yang positif

Ketika akan membeli produk tentunya konsumen akan mencari informasi terkait produk tersebut, seperti manfaat, harga, serta kandungan yang ada di dalam produk tersebut.

Dalam marketplace selalu diberikan ruang untuk memberikan ulasan serta komentar mengenai produk yang telah kita beli. Hal ini tentunya akan memberikan kebenaran dan kepercayaan konsumen kepada produk kita.

Oleh karena itu, testimoni sangat berpengaruh pada penjualan produk kita di masa yang akan datang. Testimoni yang buruk akan membuat konsumen mempertimbangkan produk, begitu juga dengan testimoni yang baik akan membuat konsumen percaya dengan produk tersebut.

 

  1. Gunakan sistem pembayaran yang mudah

Setelah konsumen tertarik dengan produk, tentu konsumen akan membeli produk yang ditawarkan. Kemudahan dalam pembayaran akan membuat konsumen memilih produk kita.

Misalnya Ketika konsumen akan check out skincare yang ada di toko kita, dan alat pembayarannya yang terbatas maka konsumen akan mencari produk yang sama di toko yang berbeda. Sehingga ini akan menghambat berjalannya bisnis ini.

 

  1. Aktif di berbagai media sosial

Bisnis tidak hanya terpaku pada satu marketplace saja, tetapi penjual harus berinovasi menjual produk diberbagai media online lainya, yaitu media sosial.

Saat ini media sosial tidak hanya digunakan untuk kepentingan pribadi saja, tetapi media sosial sudah menjadi media penjualan yang efektif dan bisa dipercaya.

Ada beberapa media sosial yang bisa digunakan untuk melakukan penjualan online, yaitu Instagram, Meta, Twitter, Tik Tok, serta media sosial lainnya.

Media sosial sangat membantu konsumen untuk menemukan toko dengan mudah, Penjual bisa membagikan beberapa konten produk yang menarik untuk membuat konsumen penasaran dan tertarik pada produk toko kita.

Dari beberapa ulasan di atas yaitu strategi atau tips untuk meningkatkan penjualan produk melalui penjualan online yang dapat anda terapkan di bisnis yang sedang anda geluti.

Lakukan dengan baik dan konsisten agar penjualan produk Anda semakin meningkat. Selamat mencoba, sukses selalu!

 

*Penulis adalah PS-MM FEB Universitas Tanjungpura Pontianak, Kalimantan Barat.

  • Bagikan