Kalbar  

Pemprov Kalbar Siapkan Lomba Desa dan Kelurahan

Sekda Kalbar, Harisson saat pimpin rapat persoapan lomba desa dan kelurahan. SUARAKALBAR.CO.ID/IST

Pontianak (Suara Kalbar) – Sekretaris Daerah Kalbar, Harisson, memimpin rapat Persiapan Pelaksanaan Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Kalbar Tahun 2022, bersama Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalbar Yuslinda dan beberapa OPD terkait guna mensukseskan kegiatan tersebut yang bertempat di Ruang Rapat Praja II Kantor Gubernur Kalbar, Selasa (17/5/2022).

Kegiatan Lomba Desa tersebut mengangkat tema “Desa dan Kelurahan Tangguh Ekonomi Masyarakat Tumbuh”. Sekda Prov Kalbar mengingatkan untuk tidak lupa memperhatikan aspek kesehatan, salah satunya penanganan stunting pada Ibu hamil sehingga ada pemberdayaan perempuan tentang pelaksanaan pengetahuan mengenai pola asuh dan gizi yang baik pada anak.

“Isu kesehatan lingkungan juga diperhatikan, untuk mendorong percepatan penurunan stunting, tidak hanya itu, pemberdayaan ekonomi desa juga dapat dilihat dari pengembangan BUMDes dan jika memungkinkan juga mengangkat sektor pariwisata yang bisa dikembangkan,” ungkap Harisson.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa melaporkan untuk pelaksanaan lomba Desa dan Kelurahan perlu dibentuk tim sekretariat dan tim penilai pemeriksa.

“Terkait Tim Penilai ada 10 orang, dan Gubernur berkedudukan sebagai Pembina, Sekretaris Daerah sebagai Ketua, Kepala DPMD sebagai Sekretaris, 2 orang dari TNI serta 5 orang yang terdiri dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Kesehatan, PKK, Biro Hukum dan Bappeda. Ada 65 item tugas untuk para penilai yang dibagi menjadi 3 penilaian yaitu pemerintahan, kewilayahan dan waktu dan juga paparan dari pada kepala desa,” jelas Yuslinda.

Sebagai informasi, Tim akan menilai seluruh peserta lomba dan akan dipilih 3 pemenang, kemudian akan diikutsertakan pada lomba desa tingkat regional.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS