Kepala Kemenag Mempawah Monitoring Ujian Madrasah Hari Pertama

Kepala Kemenag Mempawah, Hasib Arista, bersama Kasubbag Tata Usaha, Ishak, dan Kasi Pendidikan Madrasah, Rudiansah, memantau pelaksanaan ujian madrasah di MIN 1 Mempawah, Senin (9/5/2022) pagi. SUARAKALBAR.CO.ID/Foto. Aspari

Mempawah (Suara Kalbar) – Hasib Arista, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Mempawah, turun langsung memantau pelaksanaan ujian madrasah di MIN Mempawah, Senin (9/5/2022) pagi.

Dalam kunjungan itu, Hasib didampingi Kasubbag Tata Usaha Ishak dan Kasi Pendidikan Madrasah Rudiansah.

Dijelaskan Hasib, ujian madrasah bertujuan untuk mengukut capaian kompetensi peserta didik sesuai standar kompetensi lulusan pada akhir jenjang pendidikan.

Adapun fungsi dari ujian madrasah ini untuk mengetahui capaian perkembangan peserta didik.

“Kemudian ujian madrasah juga sebagai umpan balik untuk perbaikan proses pembelajaran dan tentunya sebagai salahsatu syarat penentuan kelulusan,” ujarnya.

Selain memonitoring ujian madrasah tingkat Ibtidaiyah di hari yang pertama itu, Hasib mengungkapkan dirinya juga mengecek kehadiran ASN di lingkungan MIN 1, MIN 2, MTs 2 Mempawah dan KUA Kecamatan Sungai Pinyuh.

Hasib Arista selanjutnya berharap pelaksanaan ujian madrasah di lingkungan Kemenag Mempawah berlangsung lancar.

“Semoga seluruh peserta didik yang mengikuti ujian madrasah dikaruniakan kesehatan dan dapat berfikir jernih dalam menjawab soal-soal ujian. Dengan demikian, semuanya lulus dengan nilai yang menggembirakan dan membanggakan,” tutur mantan Kasi Pendis Kemenag Kabupaten Landak itu.

Kunjungan kerja pejabat Kemenag Mempawah diterima langsung Kepala MIN 1 Mempawah Salimun dan Kepala MIN 2 Mempawah Rabawi.

Tampak kepala madrasah dan para dewan guru menyambut kehadiran pejabat Kemenag Mempawah dengan wajah yang cerah. Dalam kesempatan itu pula, dilaksanakan silaturahmi dalam suasana lebaran dan saling bermaaf-maafan.

Kepala MIN 1, Salimun, mengaku bersyukur pelaksanaan ujian madrasah di MIN 1 Mempawah itu dimonitor langsung Kepala Kemenag Mempawah beserta rombongan.

“Alhamdulillah ujian berlangsung lancar dan tanpa mengalami kendala yang berarti. Peserta ujian madrasah di MIN 1 Mempawah berjumlah 26 orang,” terangnya.

Sedangkan Kepala MIN 2 Mempawah, Rabawi, menuturkan, peserta ujian madrasah di sekolahnya sebanyak 24 orang.

“Alhamdulillah, di hari pertama masuk kerja setelah cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1443 H kita langsung melaksanakan ujian madrasah. Semua peserta hadir. Semoga semua meraih nilai yang terbaik,” jelas Rabawi.

Sementara itu, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Mempawah, Rudiansah, menjelaskan ujian madrasah ibtidaiyah dilaksanakan pada Senin sampai Jumat, 9-13 Mei 2022. Setiap hari ada dua mata pelajaran yang diujikan.

“Adapun mata pelajaran yang diujikan itu yakni: al-Qur’an Hadist, PPKn, Akidah Akhlak, Bahasa Indonesia, Fikih, Matematika, Sejarah Kebudayaan Islam, Ilmu Pengetahuan Alam, Bahasa Arab dan Ilmu Pengetahuan Sosial,” pungkasnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS