Dilantik Erlina, Ini Daftar Enam Pejabat Hasil Seleksi JPPT Pemkab Mempawah

Bupati Mempawah, Erlina, menandatangani berita acara pelantikan Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan, Abdurahman, di Balairung Setia Kantor Bupati Mempawah, Kamis (14/4/2022). SUARAKALBAR.CO.ID/Foto. Diskominfo Mpw

Mempawah (Suara Kalbar) – Bupati Mempawah, Erlina, melantik enam pejabat tinggi pratama hasil seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPPT).

Pelantikan dilaksanakan di Balairung Setia Kantor Bupati Mempawah, Kamis (14/4/2022).

Mereka yang dilantik yakni Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Kurdiah; Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Raja Fajar Azansyah.

Kemudian, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Ami Febriyanto; Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan, Abdurahman.

Kepala Dinas Penanaman Modal, Koperasi Usaha Kecil Menengah, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Muhammad Iqbal Suparta; serta Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, Kuntum Indah Pertiwi Ningsih.

Ucapan selamat disampaikan Erlina kepada para pejabat yang dilantik. Karena telah menyelesaikan seluruh proses seleksi dengan baik dan akhirnya terpilih untuk menduduki enam jabatan yang lowong.

“Pengangkatan dan penempatan ini dilaksanakan secara terbuka dan kompetitif. Dan para PNS yang terpilih telah memenuhi syarat dalam proses seleksi yang kita lakukan beberapa waktu lalu,” katanya.

Ia pun menegaskan, penempatan PNS ke dalam jabatan pimpinan tinggi pratama sudah melalui berbagai proses. Hal tersebut untuk menghindari penyimpangan seperti praktik-praktik KKN dan adanya intervensi campur tangan pihak lainnya.

“Melalui proses ini diharapkan didapat pejabat yang mempunyai kompetensi, rekam jejak dan moralitas yang baik, mempunyai integritas dan loyalitas yang tinggi serta mempunyai kinerja yang baik,” ujar dia.

Lebih lanjut Erlina mengingatkan jabatan dalam suatu organisasi pemerintah bukanlah merupakan hak bagi pegawai negeri sipil melainkan merupakan kepercayaan yang diamanahkan pemerintah.

“Amanah yang diemban tidak saja dipertanggung jawabkan dalam sistem pemerintahan yang berlaku akan tetapi juga nantinya akan dipertanggungjawabkan dihadapan Allah SWT,” ucapnya mengingatkan.

Oleh karena itu, Erlina berharap kepada pejabat yang baru dilantik dapat melaksanakan amanah yang diberikan dengan sebaik-baiknya sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Bekerja dengan jujur dan ikhlas, serta selalu berkomitmen untuk memberikan kinerja yang terbaik bagi organisasi pemerintah dan pemberian pelayanan prima kepada masyarakat,” katanya.

Selanjutnya, Erlina mengingatkan pejabat pimpinan tinggi pratama harus memenuhi target kinerja tertentu sesuai perjanjian kinerja yang sudah disepakati.

Bagi pejabat yang tidak memenuhi kinerja yang diperjanjikan dalam waktu satu tahun pada suatu jabatan, maka diberikan kesempatan selama enam bulan untuk memperbaikinya.

Nah, bagi yang tidak menunjukkan perbaikan kinerja, maka pejabat yang bersangkutan harus mengikuti seleksi ulang atau uji kompetensi kembali.

Nanti, imbuh bupati, pejabat dimaksud dapat dipindahkan pada jabatan lain sesuai dengan kompetensi yang dimiliki atau ditempatkan pada jabatan yang lebih rendah sesuai peraturan perundang-undangan.

“Saya akan selalu melakukan evaluasi terhadap kinerja masing-masing secara berkala. Hasilnya akan saya jadikan pertimbangan, baik untuk melakukan mutasi, maupun demosi jika ternyata kinerja pejabat bersangkutan dinilai jelek,” tutupnya.

Selain enam pejabat tinggi pratama atau eselon II, Bupati juga melantik tiga pejabat administrator atau eselon III di lingkungan Inspektorat, serta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Turut hadir Wakil Bupati Muhammad Pagi, Sekda Mempawah Ismail, serta para pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Mempawah.