MABM Gelar Pekan Kuliner dan Seni Budaya Expo di Rumah Melayu Mempawah

Panitia Pelaksana Pekan Kuliner dan Seni Budaya Expo MABM Kabupaten Mempawah saat menggelar rapat persiapan di Rumah Budaya Melayu, Senin (7/2/2022) siang. SUARAKALBAR.CO.ID/Foto. Dok MABM Mempawah

Mempawah (Suara Kalbar) – Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) Kabupaten Mempawah menggelar gawe besar di pertengahan Febuari 2022.

Kegiatan itu adalah Pekan Kuliner dan Seni Budaya Expo di Rumah Budaya Melayu, yang dimulai pada 15-21 Februari 2022.

Ketua Umum MABM Kabupaten Mempawah, Ria Mulyadi, didampingi Ketua Panitia Pelaksana, Sri Tuti Armalia, menjelaskan, kegiatan ini merupakan realisasi salah satu program kerja MABM di tahun 2022.

Tujuannya, mewujudkan kepedulian kepada sesama, memperkuat nilai-nilai nasionalisme dan kecintaan kepada seni budaya, serta mempromosikan hasil UMKM Melayu di Kabupaten Mempawah untuk meningkatkan sektor usaha.

“Dan tak kalah penting, Pekan Kuliner dan Seni Budaya Expo MABM diharapkan menjadi wadah pemersatu Puak Melayu,”ungkap Ria Mulyadi yang juga Ketua DPRD Mempawah ini.

Lebih lanjut ia menjelaskan, hingga saat ini sudah cukup banyak penggiat UMKM Kabupaten Mempawah yang memastikan ikut serta dalam expo itu.

“Para pelaku UMKM akan menampilkan berbagai produk makanan olahan, kerajinan, yang dirangkai dengan pementasan seni tari dan lain sebagainya,” beber Ria Mulyadi.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana, Sri Tuti Armalia, mengaku pihaknya kini tengah melakukan serangkaian persiapan agar Pekan Kuliner dan Seni Budaya Expo berjalan lancar.

“Kita mengedepankan protokol kesehatan, jadi stand-stand nanti kami atur terpisah agar tidak terjadi kerumunan peserta maupun masyarakat yang berkunjung, serta tetap kita minta untuk mengenakan masker,” tegasnya.

Sri yang juga Anggota DPRD Mempawah ini mengungkapkan, kegiatan akan dimulai pada Selasa, 15 Februari 2022 dan akan berakhir pada Senin, 21 Februari 2022.

Sejauh ini, sejumlah sanggar seni dan pelaku UMKM, termasuk dari FOMEKA Mempawah sudah memastikan ikut serta.

Dan pihaknya masih membuka pendaftaran bagi masyarakat, sanggar budaya dan pelaku UMKM yang ingin ikut serta pada Pekan Kuliner dan Seni Budaya Expo.

“Caranya, silahkan datang ke Sekretariat MABM Kabupaten Mempawah di Rumah Budaya Melayu pada jam kerja,” tutup Sri Tuti Armalia.