Pemuda Dayak Kabupaten Ketapang Dilantik, Ini Harapan Adrianus Marsel

Wakil Ketua Umum Pemuda Dayak Kalimantan Barat (PDKB), Adrianus Marsel (ketiga dari kiri), berfoto bersama Sekda Ketapang, Alexander Wilyo (tengah), dan jajaran PDKB usai pelantikan pengurus PDKK, Sabtu (15/1/2022). SUARAKALBAR.CO.ID/Foto. IST

Ketapang (Suara Kalbar) – Wakil Ketua Umum Pemuda Dayak Kalimantan Barat, Adrianus Marsel, menghadiri pelantikan pengurus Pemuda Dayak Kabupaten Ketapang (PDKK), Sabtu (15/1/2022).

Usai pelantikan tersebut, Adrianus Marsel menyampaikan harapan agar Pemuda Dayak Kabupaten Ketapang dapat mengambil peran dalam membangun daerah.

“Saya berharap kepada pemuda, khususnya Pemuda Dayak Kabupaten Ketapang agar selalu berperan membantu pemerintah daerah, dengan terlibat langsung pada program-program pembangunan,” Adrianus.

Di sisi lain, Adrianus yang juga Ketua Dewan Pemuda Lintas Etnis Kalimantan Barat ini juga berharap kepada pemerintah daerah untuk tetap melibatkan para pemuda dalam setiap pembangunan yang ada di Kabupaten Ketapang.

“Semoga pemuda-pemuda ini selalu dibina dan dilibatkan di setiap kegiatan pembangunan, karena Kabupaten Ketapang memiliki potensi sangat besar dalam pengembangan potensi para pemudanya,” ungkapnya.

Adrianus Marsel turut mengingatkan para pemuda yang terlibat dalam organisasi Pemuda Dayak Kabupaten Ketapang agar menjadikan organisasi sebagai wadah untuk mempersatukan pemuda, khususnya Pemuda Dayak yang ada di setiap organisasi/komunitas lain.

“Mari kita rangkul para Pemuda Dayak yang tersebar di organisasi/komunitas lain agar bergabung di PDKK ini. Namun ingat, PDKK ini bukan organisasi yang mengarah kepada hal-hal negatif seperti narkoba, seks bebas dan lain sebagainya,” pungkas dia.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang, Alexander Wilyo, mengatakan pemuda merupakan agen perubahan dan agen pembangunan yang menjadi penerus dan pengembang bangsa.

Dalam rangka penguatan keberadaan masyarakat adat Dayak Kabupaten Ketapang di masa depan, harus mempunyai pedoman yang melekat dan jelas pada organisasi.

Dengan demikian, dapat menjalankan fungsinya dengan tegas, jelas, disiplin, sistematis, strategis dan terintegritas serta memiliki keahlian dalam ilmu pengetahuan dan teknologi.

Alexander Wilyo selanjutnya mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya acara pelantikan pengurus Pemuda Dayak Kabupaten Ketapang periode 2022-2027.

“Pada kesempatan ini saya mengucapkan selamat dan semoga di bawah kepemimpinan yang baru akan lebih berkembang dan mampu lebih banyak menghasilkan kinerja yang lebih baik daripada sebelumnya,” imbuh dia.

Alexander Wilyo mengungkapkan, ke depannya Ormas Pemuda Dayak Ketapang akan dihadapkan pada tantangan bagaimana memberdayakan diri, sekaligus menampilkan model generasi muda yang di harapkan bangsa yang sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945.

“Mewakili Pemerintah Kabupaten Ketapang, saya mengajak seluruh pengurus untuk menjadi rumah dan tempat saling berkolaborasi, mengimplementasikan visi dan misi bersama, serta menjadi pelopor kelestarian adat dan budaya Dayak di Kabupaten Ketapang,” pungkas Sekda.