Kerennya Van Rusung, Hunian Terapung yang Unik di Sungai Mempawah

  • Bagikan
Potret aktivitas tamu sekeluarga di Van Rusung yang dibangun unik karena mengapung di atas Sungai Mempawah. Van Rusung kini menjadi idola baru para wisatawan, netizen, masyarakat maupun para pemancing. SUARAKALBAR.CO.ID/Foto. Dok Van Rusung Mpw

Mempawah (Suara Kalbar) – Van Rusung adalah ikon baru Kota Bestari bagi siapa saja yang ingin larut dalam aktivitas di Sungai Mempawah.

Van merupakan singkatan dari namanya “Desvan”, sedangkan Rusung adalah “Rumah Sungai”.

Letaknya di Jalan Bawal, Kelurahan Terusan, Kecamatan Mempawah Hilir, dengan akses jalan yang sangat mudah.

Tak sampai lima menit dari Pasar Mempawah, tepatnya masuk Pasar Sebukit Rama, kita sudah bisa menjangkau Van Rusung dengan segala fasilitas serba lengkapnya.

Sang owner, Desvan Erdanustie, ASN Pemkab Mempawah, tak pernah menyangka bahwa hunian berkonsep family camp yang ia bangun mengapung di Sungai Mempawah, justru menjadi idola baru banyak orang.

“Awalnya hanya untuk rumah kediaman pribadi, tapi nyatanya banyak netizen dan masyarakat yang minta agar Van Rusung disewakan saja. Jadi sebagai tempat hang out sambil menikmati Sungai Mempawah,” ujarnya, Rabu (12/1/2022) sore.

Ya, niat awal Desvan dan sang istri adalah ingin membangun “rumah kedua” sebagai tempat bersantai bersama keluarga, khususnya di hari libur.

Desvan yang punya hobi travelling ini sebenarnya ingin membeli Camper Van, atau mobil yang memiliki fasilitas untuk camping atau menjelahi di dunia luar.

“Tapi setelah dihitung-hitung, ternyata membuat Camper Van sangat mahal. Keuangan saya tidak mampu!” ucapnya seraya tertawa.

Nah, pada suatu hari saat tengah bersepeda, Desvan melihat pondok-pondok keramba di atas sungai yang menjadi ide bagi dirinya untuk membangun sebuah rumah terapung dengan konsep family camp.

Atas bantuan rekan-rekannya, ide cemerlang itu lantas dituangkan dalam sebuah gambar rancang-bangun tiga dimensi yang sangat apik.

Kemudian, gambar rancang bangun itu pun dihitung angkanya jika realisasikan.

“Ternyata, jika dibangun dengan konstruksi rangka baja ringan, keuangan saya cukup. Ya sudah, saya langsung bangun,” katanya.

Setelah jadi, Desvan dan keluarga mengaku terkagum-kagum dengan hasilnya.

Saking bangganya, foto rumah terapung itu pun ia posting di media sosial.

Tak disangka, reaksi netizen berjibun dan langsung viral di jagat maya. Banyak yang bertanya, apakah itu hotel, villa, kafe atau restoran.

Desvan pun memberikan penjelasan bahwa itu adalah plotting cabin atau rumah pribadinya yang dibangun mengapung di atas Sungai Mempawah.

“Dan atas saran tokoh kreatif Mempawah, Gatot Plastik, plotting cabin saya ini diberi nama Van Rusung, yang artinya Desvan – Rumah Sungai,” paparnya.

 

Akhirnya Disewakan

Setelah viral di media sosial, niat Desvan dan istrinya untuk menjadikan Van Rusung sebagai rumah hunian kedua pun seketika batal.

Banyak netizen dan masyarakat justru berharap rumah unik itu disewakan saja sebagai tempat hang out harian, mingguan atau waktu-waktu tertentu.

“Istri pun saat saya minta pendapat soal permintaan netizen, akhirnya angkat bahu. Ia mengatakan, ya sudah lah sewakan saja. Hitung-hitung sebagai sarana wisata baru bagi Kota Mempawah,” tegas Desvan menirukan persetujuan sang istri.

Hingga akhirnya, Van Rusung benar-benar disewakan. Tidak ada batasan khusus bagi para penyewa. Siapa saja boleh datang untuk menempatinya dengan berbagai keperluan.

Misalnya, wisata keluarga, arisan, acara remaja, wisatawan, bahkan para pemancing dari luar kota yang ingin menikmati aktivitas Sungai Mempawah.

“Khusus untuk tamu yang datang berpasangan, kami harap sudah menikah agar tidak terjadi hal-hal tak diinginkan,” tegas Desvan.

 

Utamakan Privasi

Van Rusung yang berkonsep family camp, tambah Desvan, bukan lah hotel seperti kebanyakan, bukan pula villa umumnya.

Jadi di tempat ini adalah hunian unik yang mengusung privasi bagi para penghuninya. Karena itu, ia hanya memiliki satu Van Rusung saja, tidak akan membangun lagi di tempat itu.

“Jika banyak Van Rusung, bukan privasi namanya,” ujarnya seraya tersenyum.

Sejak disewakan, Van Rusung adalah hunian sementara yang “menjual” aktivitas di Sungai Mempawah dengan segala fasilitas lengkap layaknya sebuah hotel atau villa.

Adapun paket Van Rusung adalah menginap per malam Rp 350 ribu untuk 1-5 orang.

Sedangkan menginap + grill (makanan terdiri atas daging sapi atau ayam) Rp 510 ribu untuk 1-5 orang.

“Waktu check in pukul 13.00 WIB dan check out pukul 12.00 WIB esok harinya,” papar Desvan.

Sedangkan fasilitas yang tersedia sangat lengkap. Misalnya, TV 24 jam, kamar tidur fit 4 orang, ruang tamu, air cooler, kipas angin, pemanas air minum, kompor gas portable, serta peralatan makan dan minum.

Kemudian, teras luar dengan sunset vibes, termasuk satu buah sampan dan dua alat pancing, kamar mandi/WC + shower, serta dengan sistem keamanan CCTV, life jacket, maupun fasilitas lainnya.

“Ini sekalian promosi ya, bagi masyarakat atau netizen yang berminat, dapat menghubungi admin online service kami di nomor HP/WA 0821-5881-8188,” tutupnya seraya tertawa.

  • Bagikan