Novi Peraih Emas PON Papua Diganjar Bonus Rp 50 Juta

Bupati Sanggau Paolus Hadi saat menyerahkan uang pembinaan kepada Novianyanti di Halaman Kantor Bupati Sanggau, Selasa (19/10/2021). SUARAKALBAR.CO.ID/ Darmansyah

Sanggau (Suara Kalbar) – Atlet tarung derajat peraih medali emas asal Sanggau yang mewakili Kalbar di PON XX Papua Novianyanti disambut Bupati Sanggau, Paolus Hadi dan Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot saat tiba di Kabupaten Sanggau.

Sebelumnya Novianyanti diarak keliling kota Sanggau walaupun cuaca saat itu sedang hujan, dengan iring-iringan mobil dan motor yang dimulai dari rumah betang dan berakhir di Kantor Bupati Sanggau walaupun. Selanjutnya kegiatan penyambutan di pusatkan di Halaman Kantor Bupati Sanggau, Selasa (19/10/2021).

Hadir dalam kesempatan tersebut Forkompimda Kabupaten Sanggau, Anggota DPRD Kabupaten Sanggau, Ketua KONI Kabupaten Sanggau Ibrahim, Mantan Ketua KONI Abdul Mutalib dan kepala OPD Kabupaten Sanggau serta Ketua dan anggota Kodrat Sanggau.

Pada kesempatan tersebut Pemkab Sanggau bersama KONI Sanggau dan Donatur lainnya menyerahkan uang penghargaan atau pembinaan sebesar Rp 50 juta tidak hanya itu Novi Juga mendapatkan uang tunai dari beberapa Anggota DPRD Kabupaten Sanggau.

Bupati Sanggau Paolus Hadi usai menyerahkan penghargaan mengatakan hari ini sebenarnya penyambutan direncanakan sangat meriah namun tuhan memberi berkat lain dengan turunnya hujan.

“Hujan itu berarti syukur dan bagus bahwa Novi memberi kesyukuran untuk tanah kita disini. Kami ingin pencapaian ini menjadi simbol baik untuk anak-anak muda Sanggau, makanya saya beri selempang Pemuda Sabng Merah karena Sanggau mengukir Sejarah melalui Novianyanti,”kata Paolus Hadi

Bupati menyampaikan inilah penghargaan yang kami bisa berikan dan mengenai bonus itu relatif mudah-mudahan itu cukup.

“Penghargaan berupa uang sebesar 50 Juta Rupiah itu merupakan hasil berdompu (gotong royong) dan juga melalui anggaran KONI. Disini kita memberikan penghargaan secara gotong royong, tidak dengan paksaan dan mereka semangat mendegar Novianyanti meraih medali emas pada PON XX Papua,”katanya.

Disampaikan Paolus Hadi berharap kedepan selalu support olahraga dan Novi menjadi bagian penting untuk memberikan semangat itu.

“Karena langka nih, Sanggau bisa melahirkan seorang atlet untuk Kalimantan Barat dan meraih medali emas pada PON,” kata Paolus Hadi.

Novi sudah dua kali meraih medali emas pada ajang PON, tahun 2016 di Bandung dan PON XX ini di Papua dan pada tahun 2012 juga berlaga di PON meraih Perak.

“Ini kebanggaan besar untuk Sanggau punya atlet berprestasi di tingkat Nasional,kembali Sanggau Bangga mengukir Sejarah karena Novi. Selamat dan Sukses Novi ,”kata Paolus Hadi.

Sementara itu Novianyanti saat diwawancarai merasa terharu dan bangga bisa mempertahankan medali emas di PON.“Ini raihan terberat, karena disatu sisi saya sudah berkeluarga dan mempunyai anak yang masih kecil,”kata Novi.

Dikatakan Novi dalam final dirinya berhadapan dengan atlet dari jawa barat dan mempunyai kepercayaan diri karena sebelumnya sudah pernah bertemu di Pra PON .

“Jadi keyakinan dan mental sudah cukup.sehingga tinggal penguasaan di lapangan pertandingan, Alhamdulillah karena banyaknya jam terbang dapat mempertahankan emas. Karena mempertahankan lebih berat daripada merebut,” katanya.

Novi mengungkapkan untuk lawan terberat adalah Papua. “Selain karena tuan rumah, fisiknya juga kuat dan masih muda dibandingkan saya,”tutupnya.