Ini Sosok Warga Singkawang yang Kedapatan Bawa Sabu dan Viral di Jagat Maya

BAWA NARKOBA. Tersangka AN alias AG, warga Kota Singkawang, diamankan berikut barang bukti di Mapolres Mempawah karena kedapatan membawa narkotika golongan 1 jenis sabu, Rabu (27/10/2021) pagi. SUARAKALBAR.CO.ID/Foto. Istimewa

Mempawah (Suara Kalbar) – Wajah AN alias AG, 38 tahun, warga Jalan Sahwa, Kelurahan Bagak Sahwa, Kecamatan Singkawang Timur, Kota Singkawang, ini masih tampak pucat.

Ia tak berkutik di ruang pemeriksaan Satresnarkoba Polres Mempawah, usai kedapatan membawa narkotika golongan 1 jenis sabu di pertigaan RSUD dr Rubini, Jalan Raden Kusno Mempawah, Rabu (27/10/2021) pagi tadi.

Saat itu sinar matahari mulai menyengat. Sekitar pukul 07.00 WIB, arus lalu lintas di Kota Mempawah tengah sibuk-sibuknya. Maklum, semua orang mulai beraktivitas.

Nah, agar arus lalu lintas lancar, sejumlah personel Satlantas Polres Mempawah ditempatkan untuk melaksanakan plotting point di berbagai titik rawan kecelakaan dan persimpangan di Kota Bestari.

Tiba-tiba dari arah Singkawang, meluncur sebuah sepeda motor. Celakanya, pengendara motor itu tak berhelm.

Pria yang mengenakan sweeter merah-hitam ini rupanya telah coba dihentikan personel Satlantas dari simpang Benteng.

Namun ia tetap melaju, sehingga personel Satlantas di simpang Benteng pun menghubungi via Handy Talkie (HT) para personel lainnya, terkait pengendara motor mencurigakan itu.

Begitu berhasil dihentikan di pertigaan RSUD dr Rubini, ia tampak kebingungan untuk menjawab pertanyaan petugas saat diminta kelengkapan surat-menyurat kendaraan.

Termasuk kenapa ia tak mengenakan helm, padahal itu adalah salah satu aturan lalu lintas yang wajib dipatuhi para pengendara.

Sikap dan tindak-tanduk pria ini yang mencurigakan, seperti orang yang tengah dipengaruhi narkotika, membuat personel Satlantas Polres Mempawah curiga.

“Karena curiga itu, personel Satlantas menghubungi kami di Satnarkoba Polres Mempawah. Kami pun bergerak untuk mengecek,” ungkap Kasatnarkoba Polres Mempawah, Iptu Eldyg Hernowo yang mewakili Kapolres Mempawah, AKBP Fauzan Sukmawansyah.

Sesampainya di sana, Iptu Eldyg bersama anggota yang disaksikan sejumlah warga pun melakukan penggeledahan.

Terungkap identitasnya adalah AN alias AG, warga Singkawang.

Dari penggedahan itu pula, petugas menemukan barang bukti narkotika golongan 1 jenis sabu, tiga pipet pendek, timbangan elektrik, satu gunting dan uang tunai Rp 3.460.000.

“Akhirnya, tersangka AN ini mengakui itu barang miliknya. Dalam kondisi yang diduga masih fly itu langsung kita amankan berikut seluruh barang bukti termasuk sepeda motornya,” tutup Eldyg.

Video yang dirilis Satlantas Polres Mempawah saat penggeledahan dan penangkapan pemilik narkotika itu viral di jagat maya.