Apresiasi PCNU Hadirkan Kiai ke Singkawang, Wali Kota: Bisa Menambah Keharmonisan

Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie saat menghadiri kegiatan Teras Aswaja yang digelar Pengurus Cabang NU (PCNU) Kota Singkawang di Aula Rumah Dinas Wali Kota Singkawang, Sabtu (11/9/2021).

Singkawang (Suara Kalbar) – Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie berharap kehadiran kiai dari kalangan Nahdlatul Ulama (NU) dapat menambah kenyamanan dan keharmonisan di Kota Singkawang.

Hal itu ia ungkapkan dalam kegiatan Teras Aswaja yang digelar oleh Pengurus Cabang NU (PCNU) Kota Singkawang di Aula Rumah Dinas Wali Kota Singkawang, Sabtu (11/9/2021).

“Harapan kita kehadiran pak kiai ini bisa menambah tali persaudaraan yang sudah terjalin dengan baik. Dan kemudian bisa menambahkan kenyamanan dan keharmonisan di Singkawang,” ujar Tjhai Chui Mie saat menyampaikan sambutan.

Menurut Tjhai Chui Mie kegiatan teras aswaja, istighosah dan do’a bersama ini tak hanya mempererat silaturahmi. Tapi juga dapat meningkatkan wawasan kebangsaan.

Orang nomor satu di Kota Singkawang itu mengapresiasi kegiatan yang digelar PCNU. Belum genap sebulan dilantik pada Agustus lalu, PCNU mampu menghadirkan tokoh intelektual dari pusat di kota berjuluk seibu kuil ini.

“Apresiasi dan terima kasih pemerintah ucapkan kepada Pengurus NU Cabang Singkawang. Baru dilantik bulan Agustus, tapi pada hari ini sudah bisa mendatangkan pembicara dari pusat,” kata TjhaiChui Mie.

Pada kegiatan sebelumnya, PCNU Kota Singkawang sempat menghadirkan KH. Ahmad Muwafiq (Gus Muwafiq), Direktur Aswaja Center PWNU Jatim KH. Ma’ruf Khozin, dan Pengasuh Pesantren Luhur Baitul Hikmah Malang Gus Ach. Dhofir Zuhry.

“Harapan kita kegiatan ini bisa dilaksanakan dengan rutin. Saya sudah katakan, silakan gunakan rumah dinas ini. Bisa per dua minggu. Yang penting bisa menyesuaikan dengan kedinasan rumah dinas ini,” kata Tjhai Chui Mie.

Sebagaimana diketahui, Singkawang mendapat predikat kota tertoleran di Indonesia. Kata Chui Mie, semua ini tidak terlepas peran serta PCNU dan warga nahdliyyin.

“Predikat kota tertoleran ini tidak terlepas dari sumbangsih warga NU Kota Singkawang. Selama ini kita tahu bahwa NU bersama-sama dengan pemerintah, mulai dari pusat bahkan ke tingkat RT,” tutur Chui Mie.

Kegiatan Teras Aswaja menghadirkan Ketua Pengurus Pusat (PP) NU Care-LAZISNU KH. Muhammad Wahib. Sebagai pembicara Ngaji Kebangsaan, Muhammad Wahib memaparkan sejarah perjuangan dan peran NU terhadap bangsa Indonesia.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Tanfidziyah PWNU Kalbar Hasyim Hadrawi, Ketua Tanfidziyah PCNU Kota Singkawang Edy Purwanto Achmad, Pengasuh Pondok Pesantren Ash-Shomadiyah Kiai Muhammad Yani, pengurus PCNU dan Badan Otonom (Banom) NU serta puluhan warga NU Kota Singkawang.