Usung Kearifan Lokal, Prajurit Korps Marinir Ajak Warga Mempawah Disiplin Prokes

Prajurit Jaguar Yudha Khatulistiwa dari Yonmarhanlan XII Pontianak secara humanis memberikan imbauan prokes, khususnya terkait pemakaian masker bagi pengunjung dan pedagang di Pasar Sebukit Rama, Kelurahan Terusan, Kecamatan Mempawah Hilir, Jumat (6/8/2021). SUARAKALBAR.CO.ID/IST

Mempawah (Suara Kalbar) – Pandemi Covid-19 masih menyelimuti daerah ini. Segala upaya dan strategi digelar berbagai pihak untuk memutus mata rantai penyebaran dan penularannya di masyarakat.

Termasuk lah, kerja keras Prajurit Baret Ungu Yonmarhanlan XII Pontianak yang dengan persuasif mengajak masyarakat untuk disiplin protokol kesehatan, termasuk patuh mengenakan masker sebagai cara yang aman saat beraktivitas.

Pada Jumat (6/8/2021) tadi pagi, sejumlah Prajurit TNI AL Korps Marinir ini tampak menyapa warga dan menghampiri jika ada yang belum mengenakan masker di Pasar Sebukit Rama, Kelurahan Terusan, Kecamatan Mempawah Hilir.

Sertu Marinir Fendi Bagus Putra kepada SUARAKALBAR.CO.ID, mengatakan, penerapan disiplin prokes ini merupakan bagian dari pelaksanaan program Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro.

“Kami selalu berharap masyarakat yang beraktivitas di pasar agar selalu peduli dengan kesehatan dirinya dan orang lain. Salah satunya adalah disiplin mengenakan masker,” ucapnya.

Selain itu, pengunjung dan pedagang di Pasar Sebukit Rama juga diingatkan untuk selalu menjaga jarak, mencuci tangan, mengurangi mobilitas dan menghindari kerumunan.

“Mohon dibiasakan kembali agar usai bertransaksi jual beli, selalu mencuci tangan menggunakan sabun dengan air yang mengalir,” kata Fendi Bagus Putra.

Dalam kesempatan itu, Prajurit Jaguar Yudha Khatulistiwa bersinergi dengan Anggota Polres Mempawah dan Kodim 1201/Mpw, dengan humanis meminta masyarakat untuk bersama-sama melawan virus Corona agar tidak lagi menyebar.

Di tempat terpisah, Danyonmarhanlan XII Mayor Marinir Anton Koerniawan, menekankan kepada anggotanya yang melaksanakan patroli kedisiplinan protokol kesehatan agar santun dan kedepankan kearifan lokal.

Dengan demikian, tidak terjadi ketersinggungan, sehingga tumbuh rasa segan dan patuh masyarakat terhadap apa yang menjadi imbauan, khususnya tentang cara pemakaian masker yang baik dan benar.

“Kita selalu mengajak warga untuk senantiasa menjaga kebersihan diri ataupun lingkungan demi memutus rantai penyebaran Covid-19. Apabila masyarakat mematuhi anjuran pemerintah mengenai prokes, saya yakin pandemi Covid-19 akan cepat berakhir,” imbuh Danyonmarhanlan XII, Mayor Mar Anton Koerniawan.