Sekadau Kekurangan Guru TK

Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Sekadau.

Sekadau (Suara Kalbar) – Kabupaten Sekadau saat ini kekurangan Guru Taman Kanak-kanak (TK) khususnya pada Sekolah Negeri. Setiap TK Negeri hanya memilik satu guru yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Sekretaris Dinas Pendidikan Sekadau, Gelinus mengatakan di Sekadau saat ini memiliki delapan TK negeri yang tersebar di tujuh kecamatan.

Dari delapan TK tersebut praktis hanya ada masing-masing satu orang guru yang mempunyai spesifikasi kejuruan Sarjana PAUD berstatus PNS.

“Kalau kita lihat memang guru di TK Negeri memang kurang ya, minimal dalam satu sekolah itu 3 sampai 4 orang guru dengan spesifikasi kejuruan Pendidikan Anak Usia Dini,” ujar Gelinus, Kamis (26/8/2021).

Dengan situasi yang ada, ia menilai jumlah guru TK Negeri semestinya harus ditambah meski dalam proses mengajar dibantu oleh guru honorer sekolah.

Setiap tahun pihaknya selalu mengajukan formasi guru TK, namun hingga sekarang belum terealisasi.

Ia berharap pemerintah bisa melihat bahwa kebutuhan guru TK di Sekadau semestinya harus ditambah sesuai rasio jumlah anak didik.

“Pendidikan taman kanak-kanak sangat penting karena merupakan dasar pendidikan bagi jenjang pendidikan diatasnya,” jelasnya.