Musda V BKPRMI Sambas, Perkuat Syiar dan Ukhuwah Ummat

  • Bagikan
Sekretaris Daerah Kabupaten Sambas, Fery Madagaskar membuka secara resmi musyawarah daerah V Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kabupaten Sambas tahun 2021.

Sambas (Suara Kalbar)- Sekretaris Daerah Kabupaten Sambas, Fery Madagaskar membuka secara resmi musyawarah daerah V Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kabupaten Sambas tahun 2021.

Tema pelaksanaan Musda BKPRMI yakni optimalisasi dan kaderisasasi pemuda remaja masjid agar tercipta generasi yang tangguh demi untuk kemajuan ummat. Pelaksanaan Musda dipusatkan di Aula Gedung Pusat Layanan Haji dan Umroh Terpadu Kantor Kementerian Agama Kabupate Sambas, Rabu (4/8/2021).

Pembukaan Musda dihadiri Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Sambas Ferdinan Solihin, Ketua Umum DPW BKPRMI Kalbar Firdaus Zari’n, Kepala Kemenag Sambas, H Sipni dan perwakilan Forkopimda Kabupaten Sambas.

Sekretaris Daerah Kabupaten Fery Madagaskar sebagai perwakilan Bupati Sambas, dalam sambutannya mengatakan Pemda Kabupaten Sambas saat ini mewujudkan Visi Misi Berkemajuan.

Sekda mengatakan siap mengarahkan segala potensi yang ada termasuk menggali potensi SDM dan SDA agar visi misi pembangunan Kabupaten Sambas bisa terwujud.

“Kita harapkan BKPRMI menjadi mitra pemda yang solid, kedepan kepengurusan yang baru, dalam menyusun program, dapat mendukung Visi Misi Sambas Berkemajuan. Hadirkan inovatif kreatif dan daya saing dalam tubuh BKPRMI,” ujar Sekda.

Fery Madagaskar, tertarik dengan konsep BKPRMI. Menurut Sekda, BKPRMI adalah organisasi yang fokus syiar dan ukhuwah.

“Bagaimana konsepkan BKPRMI tetap eksis untuk kebaikan ummat,” pinta Sekda.
Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Sambas, Ferdinan Solihin mengatakan BKPRMI bisa menjadi ujung tombak memperkuat syiar dan ukhuwah ummat.

Keberadaan BKPRMI didukung dengan anggota yang mayoritas penyuluh agama, menurut Legislator PDI Perjuangan, sangat efektif memberikan edukasi penting bagi ummat.

“Sudah sepantasnya, BKPRMI mendapat perhatian lebih dari pemerintah daerah. Selaras lagi dengan konsep visi misi pembangunan Kabupaten Sambas, berkemajuan. BKPRMI bisa menjadi ujung tombak memperkuat sektor pembangunan SDM tepatnya point beriman pada visi misi Kabupaten Sambas,” ungkapnya.

Kepala Kemenag Sambas, H Sipni mengatakan, mayoritas penyuluh agama termasuk anggota BKPRMI. Diterangkan Sipni, ini memberikan kelebihan untuk BKPRMI dalam bersosialisasi menggandeng ummat.

“Kemenag telah mendukung sepenuhnya kegiatan BKPRMI, hanya selama pandemi, beberapa kegiatan yang melibatkan orang ramai masih kita pending,” kata Kemenag.

Pesan Ketua Umum DPW BKPRMI Kalbar, Dr Firdaus Zar’in SPd Msi, saat hadir pada Pembukaan Musda mengatakan agar pengurus BKPRMI menjalin komunikasi yang baik dengan pemerintah. Dikatakan dia, penting menjalin kerjasama dengan jajaran perwakilan pemerintah di kabupaten dan pemerintahan daerah termasuk dengan pihak legislatif dan forkompimda.

“Jadikan organisasi tempat berdakwah dan kumpulkan amal jariyah, semua anggota harus aktif, jangan hanya ketua, sekretaris dan atau bendahara,” pesan Ketua DPW BKPRMI Kalbar.

Jumiardi, Demisioner Ketua BKPRMI sebelum Musda V mengatakan, eksistensi BKPRMI dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir, sudah mengukir beberapa prestasi penting. Diantaranya pada 2014, menjuarai FASI di Bandung Jawa Barat, Juara I Cabang Tartil Anak, Juara I Cabang Tahfidz Anak, dan Juara II Cabang Tilawah Anak.

Tahun 2017, Jumiardi mengatakan kontingen FASI Kab Sambas di Banjarmasin berhasil juara I Cabang Terjemah Latziah TQA usia 14 Tahun. “Beberapa program penting yang kita agendakan termasuk wisuda akbar 1500 santri pada 2017 lalu. Alhamdulillah pembinaan dari pemda dan kemenag, dukungan dari forkopimda kab sambas untuk BKPRMI cukup membanggakan,” ungkap Jumiardi.

  • Bagikan