Waspada Si Jago Merah, Jika Keluar Rumah Cek Aliran Listrik dan Kompor Gas

  • Bagikan
Sekretaris BPBD Sekadau, Uden

Sekadau (Suara Kalbar) – Dalam beberapa bulan ini terjadi kebakaran di Sekadau, terakhir si jago merah menghanguskan Mes Kejaksaan Negeri Sekadau yang berisi delapan kamar tidur pada Sabtu (24 /7/2021).

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sekadau, Uden mengimbau masyarakat untuk waspada, terlebih jika akan bepergian meninggalkan Rumah dalam waktu yang cukup lama.

“Apabila meninggalkan Rumah dalam keadaan kosong perlu dilihat terutama aliran listrik dan api dapur jangan sampai masih menyala,” ujar Sekretaris Badan Penanggulangan Daerah Sekadau, Uden, Selasa (27/7/2021).

Selain itu cuaca panas lebih dari sepekan terakhir juga mulai melanda Sekadau yang bisa saja mudah memicu kebakaran hutan dan lahan. Menurut prediksi BMKG cuaca panas atau kemarau berlangsung hingga September 2021 nanti. “Kami menghimbau masyarakat juga waspada terhadap bahaya kebakaran hutan dan lahan,” imbaunya.

Ia meminta masyarakat yang mempunya ladang untuk berkoordinasi dengan pemerintah desa dan pihak terkait lainnya jika akan membakar agar kebakaran hutan dan lahan bisa dicegah.

“Membakar ladang juga diminta harus sesuai ketentuan yang berlaku agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, tidak lebih dari dua hektar dan membakar pada sore hari,” jelasnya.

Dia mengatakan kepada warga di Desa yang mempunyai ladang, terutama yang berdekatan dengan perusahaan Sawit kalau mau membakar wajib berkoordinasi dengan Desa dan perusahaan. Menurut informasi yang ia dapat hingga hari ini belum ada laporan titik api yang tersebar di wilayah Sekadau.

 

  • Bagikan