KKN Institut Shanti Bhuana di Masa Pandemi Covid-19

  • Bagikan

PELAKSANAAN program kerja Kuliah Kerja Nyata (KKN) Institut Shanti Bhuana Bengkayang tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Kegiatan KKN kali ini dilakukan oleh gabungan mahasiswa dan mahasiswi Program Studi Manajemen dan Kewirusahaan Angkatan 2018 dan Angkatan 2019.

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) juga tidak dilakukan secara langsung di lingkungan masyarakat akan, tetapi dilakukan melalui pembuatan video-video pengajaran yang diunggah di channel youtube masing-masing tim KKN dan di channel youtube milik kampus.

Meski dilakukan secara daring mahasiswa/i yang ikut KKN tetap semangat dan mampu menyelesaikan program-program yang telah disusun tepat waktu.

Sebelum dilaksanakan KKN, mahasiswa disiapkan, dilatih dalam langkah pengembangan skill melalui kegiatan pembekalan selama 5 hari yang mulai dari 29 Juni hingga 2 Juli 2021.

Melalui pembekalan itu, mahasiswa belajar berpikir kritis dalam menyusun program-program yang dapat menjawab kebutuhan masyarakat di masa pandemi saat ini.

Secara resmi, Kuliah Kerja Nyata dilaksanakan berlokasi di lingkungan Asrama Institut Shanti Bhuana, Kecamatan Bengkayang, Kabupaten Bengkayang, dan berlangsung selama 21 hari mulai dari 5 Juli sampai 23 Juli 2021, serta dilakukan secara daring melalui channel youtube.

Dalam kegiatan KKN, dilaksanakan program-program yang dibuat sesuai dengan Visi dan Misi yang diemban oleh program Kuliah Kerja Nyata di Institut Shanti Bhuana, yaitu mencakup bidang-bidang pembinaan spiritual, pembinaan intelektual, dan pemberdayaan ekonomi, sosial dan ekologi.

Tujuannya, mendorong masyarakat secara keseluruhan memiliki iman yang tangguh, memiliki pengetahuan yang luas dalam mengelola keuangan, mencintai kebersihan.

Serta mau menjaga lingkungan dengan terus menggalakan kegiatan peduli dan ramah lingkungan dengan sadar membuang tempat sampah pada tempatnya, menjaga lingkungan dengan terus mengelola sampah menjadi sebuah produk yang bernilai, dan mengajarkan masyarakat agar mampu berwirausaha dengan modal yang tidak begitu besar.

Selain itu, berbagai jenis program tim KKN, diantaranya memberikan pengetahuan untuk meningkatkan kemampuan desa dalam memanfaatkan sumber daya sumber daya yang ada di daerahnya.

Seperti memberikan saran-saran untuk kebijakan bagi pengembangan pariwisata menjadi lebih baik lagi, dan memberikan sosialisasi pentingnya menjaga protokol kesehatan melalui video kepada masyarakat untuk meningkatkan safety.

 

Bengkayang, 22 Juli 2021

Penulis: Febriani Mahasiswi Semester Akhir Institut Shanti Bhuana (ISB) Bengkayang, Kalimantan Barat.

  • Bagikan