Desa Sumber Karya Dambakan Pembangunan Listrik, Infrastruktur Jalan dan Telekomunikasi

  • Bagikan
Kepala Desa Sumber Karya Kecamatan Teriak Matius mengungkapkan harapan dan dambaan Masyarakatnya untuk segera menikmati listrik , infrastruktur jalan-jembatan dan jaringan telekomunikasi. Hal itu ditegaskan oleh Kepala Desa Sumber Karya Matius ketika ditemui media ini Selasa, (27/7/2021)

Bengkayang (Suara Kalbar) – Kepala Desa Sumber Karya Kecamatan Teriak Matius mengungkapkan harapan dan dambaan Masyarakatnya untuk segera menikmati listrik , Infrastruktur jalan-jembatan dan jaringan telekomunikasi.Hal itu ditegaskan oleh Kepala Desa Sumber Karya Matius ketika ditemui media ini Selasa, (27/7/2021)

“Panjang ruas Jalan mulai dari Sayung hingga ke Sibo Beringin desa Sumber Karya sekitar 15 Kilometer,” ujar Kepala Desa Sumber Karya Kecamatan Teriak Matius.

Adapun jumlah kepala keluarga saat ini sebanyak 205 KK, dengan Jumlah pemilih 600 orang atau jumlah Penduduk sebanyak 837 jiwa.

“Kendala yang masi kami hadapi adalah rusaknya infrastruktur jalan-jembatan, tidak ada listrik dan juga jaringan telekomunikasi sehingga kami kesulitan dalam memperoleh informasi yang cepat,” katanya.

Ruas jalan yang rusak dari Desa Tubajur ke Desa Sumber Karya sekitar 5 kilometer itu yang saat ini hanya pengerasan saja.

Sementara untuk Listrik yang dibangun pada tahun 2021 ini, baru sampai Desa Tubajur, jadi sekitar 5 km lagi perlu segera ada listrik, dan saya rasa Pemkab Bengkayang bisa segera carikan solusi ini.

Perlu diketahui, kata Matius jembatan sendiri ada 9 unit atau buah dan diantaranya 2 jembatan yang cukup besar tentunya ini juga menyulitkan kami bersama masyarakat dalam hal aktifitas sehari-hari, namun kami yakin kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Bengkayang 2021-2026 Sebastianus Darwis- Syamsul Rizal permasalahan yang dia hadapi bisa diatasi.

Dia mengatakan keterbatasan di masa Pandemi Covid 19, yakni dengan besarnya Dana Desa atau DD Rp 760 juta. Alokasi Dana Desa atau ADD Rp 460 juta dan Bagi Hasil Pajak atau BHP sebesar Rp.10 juta tidaklah mencukupi untuk menjangkau keberhasilan pembangunan sehingga harus di topang dengan anggaran besar dari Kabupaten Bengkayang , Provinsi Kalbar dan bahkan Pusat.

Untuk perencanaan di desa pada tahun 2021 ini pembangunan fisik yang dilakukan oleh Desa berup pembangun PLTS di Dusun Temu Perbatu dan Jungkung untuk 65 unit rumah, kenapa begitu karena pada satu rumah terkadang dihuni lebih dari satu kepala keluarga.

Terakhir, dimasa pandemi Covid-19 yang masih dihadapi saat ini, kami berpesan kepada seluruh warga Desa Sumber Karya Kecamatan Teriak supaya mematuhi protokol kesehatan dan menerapkan 5 M yakni, menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

  • Bagikan