RAPBD 2021, Pemkab Mempawah Tanggapi 28 Masukan Fraksi-Fraksi DPRD

Wakil Bupati Mempawah, Muhammad Pagi (kiri), menyerahkan jawaban / penjelasan Bupati Mempawah atas pemandangan umum fraksi-fraksi DPRD terhadap Nota Keuangan RAPBD tahun anggaran 2021 kepada pimpinan DPRD Mempawah, Selasa (20/10/2020).

Mempawah (Suara Kalbar)- Rapat pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Kabupaten Mempawah tahun anggaran 2021 terus bergulir.

Pada Selasa (20/10/2020) siang, DPRD Mempawah menggelar rapat paripurna dengan agenda mendengarkan jawaban atau penjelasan Bupati Mempawah atas pemandangan umum fraksi-fraksi DPRD.

Dibacakan oleh Wakil Bupati Mempawah, Muhammad Pagi, ada 28 tanggapan yang disampaikan atas masukan, pertanyaan maupun tanggapan para wakil rakyat terhadap terhadap Nota Keuangan RAPBD tahun anggaran 2021.

Muhammad Pagi dalam kesempatan itu mengapresiasi Pemandangan Umum DPRD yang telah disampaikan masing-masing fraksi. 

Menurutnya, itu adalah bentuk kesungguhan Anggota DPRD dalam melakukan penelitian dan pembahasan terhadap materi RAPBD yang disampaikan Pemkab Mempawah. 

“Kesemuanya ini merupakan masukan yang berharga bagi eksekutif dalam melakukan pembahasan RAPBD tahun anggaran 2021,” ujarnya. 

Dari ke-28 butir penjelasan itu, yang menarik untuk disoroti adalah soal pertanyaan dewan yang berkenaan dengan pemetaan kemiskinan untuk menentukan kebijakan dan program serta alokasi anggaran secara efektif dalam upaya pengentasan kemiskinan. 

Muhammad Pagi menjelaskan, berdasarkan data yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Mempawah, angka kemiskinan di Kabupaten Mempawah pada tahun 2018 sebesar 5,61 persen, dan tahun 2019 sebesar 5,32 persen. 

“Itu berarti ada penurunan 0,29 persen. Dan Pemkab Mempawah akan terus berupaya mempercepat penurunan angka kemiskinan, salahsatunya adalah dengan membentuk Tim Koordinasi Penanggulanan Kemiskinan Daerah (TKPKD),” jelasnya. 

TKPKD ini, tambah Muhammad Pagi, bertujuan mengkoordinasikan percepatan penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Mempawah, selanjutnya disusun sejumlah program dan kegiatan. 

Penulis : Dian Sastra