Kemeriahan HUT RI ke 75 di Sekadau, Sederhana Namun Bermakna

Keseruan Panjat Pinang anak-anak dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 75 Tahun di RT 01 Dusun Mungguk Desa Mungguk Kecamatan Sekadau Hilir | Suarakalbar: Tambong.

Sekadau (Suara Kalbar) – Tanggal 17 Agustus merupakan hari bersejarah bagi bangsa Indonesia, setiap tahun selalu dirayakan meriah dengan berbagai kegiatan yang ditampilkan. Berbeda dengan tahun lalu, tahun 2020 ini kegiatan dilakukan secara sederhana oleh masyarakat namun punya makna mendalam karena dirayakan ditengah pandemi Covid-19.

Sutanto, Kepala Dusun Desa Mungguk Kecamatan Sekadau Hilir mengatakan dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 75 Tahun, ia dan masyarakat setempat mengadakan berbagai perlombaan rakyat.

“Hari ini kita berkumpul di RT 01 ini melakukan kegiatan sederhana, masyarakat antusias mengingat sudah lama tidak ada kegiatan seperti ini karena adanya pembatasan berkumpul,” ujarnya kepada suarakalbar.co.id, Senin (17/8/2020).

Lanjutnya, adapun lomba-lomba yang diadakan meliputi Tarik Tambang, Panjat Pinang anak-anak, lomba kelereng dan lomba memasukan bola ke gawang berukuran kecil dengan menggunakan tangui atau penutup kepala serta peserta diwajibkan berjoget sebelum menendang bola. Setiap pemenang akan mendapatkan hadiah dari panitia.

Ia menuturkan kegiatan sangat seru, ini terlihat antusiasme masyarakat terutama ibu-ibu dan anak-anak.

“Bisa dilihat anak-anak dan ibu-ibu nya sangat semangat sekali. Paling seru itu panjat pinang, sudah hampir sejam ini belum ada yang bisa naik keatas,” ceritanya Sutanto.

Sumber dana yang digunakan juga berasal dari swadaya masyarakat dan sumbangan Pemerintah Desa. Terkait protokol kesehatan, ia menyebut sudah menghimbau masyarakat untuk tetap menggunakan masker dan saling menjaga jarak.

“Dana kegiatan ini sumbangan dari Desa dan sumbangan dari masyarakat juga ada. Alhamdulillah masyarakat disini sangat kompak,” kata Sutanto.

Salah seorang masyarakat lainnya, Indra mengatakan ia dan keluarga serta beberapa karyawannya turut mengadakan lomba. Menurutnya perayaan dilakukan secara sederhana namun tetap meriah, terbukti saat lomba dilakukan derap tawa lepas para peserta pecah mengikuti kegiatan.

“Ada lomba makan kerupuk, lomba balap karung dan lomba makan mi, setiap tahun kita laksanakan. Ya hanya dilingkungan sini saja,” tutur Indra, pemilik Hotel sekaligus Rumah makan Pondok Indah Sekadau.

Penulis : Tambong Sudiyono