Darwis Lantik 86 Pejabat Administrator

Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis melantik dan mengangkat 86 pejabat administrator di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkayang, Kamis ( 9/9/2021).

Bengkayang (Suara Kalbar) – Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis melantik dan mengangkat 86 pejabat administrator di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkayang, Kamis ( 9/9/2021).
Pengangkatan dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan Bupati Bengkayang Nomor 821.23/386/BKPSDM/tahun 2021.
Selain itu pengangkatan juga berdasarkan Surat Keputusan Bupati Bengkayang nomor : 821.23/387/tahun 2021 dan Surat Keputusan Kupati Bengkayang nomor : 821/388/tahun 2021 Tentang Mutasi dan Pengangkatan Pejabat Administrator di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkayang Kamis (9/9/2021) dimana sebanyak 86 orang pejabat administrator yang dilantik.

Sebastianus Darwis mengatakan meskipun pada saat ini kita masih menghadapi wabah pandemi Covid-19 di mana sampai saat ini Bengkayang masih menerapkan PPKM level 3, namun acara pengucapan sumpah atau janji dan pelantikan pejabat administrator tetap dilaksanakan dengan prosedur protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

“Pengucapan sumpah atau janji dan pelantikan dalam jabatan di lingkungan instansi pemerintah tentunya merupakan bagian dari proses organisasi dalam upaya pemantapan dan peningkatan kapasitas kelembagaan, serta merupakan bagian dari sistem pembinaan karier Aparatur Sipil Negara (ASN),” katanya.

Dia menjelaskan pengembangan karir tersebut tidak dilakukan semata-mata untuk pegawai yang bersangkutan, melainkan lebih diutamakan untuk melakukan pembenahan dan pemantapan organisasi dengan tujuan akan adanya peningkatan kinerja dalam penyelenggaraan tugas dan pelayanan publik supaya berjalan dengan baik, terutama jika dikaitkan dengan berjalannya kegiatan pembangunan.

Darwis mengatakan kegiatan mutasi atau rotasi jabatan sebagai bagian dari proses pembinaan kepegawaian, tentunya harus dilakukan selaras dan sejalan dengan ketentuan yakni Peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2017 Tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2020 yang merupakan turunan dari undang-undang ASN, di mana inti ketentuan tersebut merupakan komitmen pemerintah dalam menyelenggarakan manajemen kepegawaian berbasis sistem merit.

“Titik pengaturan manajemen PNS melalui peraturan pemerintah ini, bertujuan untuk menghasilkan PNS yang profesional memiliki nilai dasar, etika profesi bebas dari intervensi politik dan praktek KKN dalam rangka pelaksanaan tugas pelayanan publik serta tugas pemerintahan dan pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan yang netral dan terbebas dari kepentingan apapun,” katanya.

Selaku pejabat pembina kepegawaian Bupati memang diberikan kewenangan untuk menetapkan, pengangkatan, pemindahan dan pembinaan manajemen ASN di instansi Pemerintah Daerah sebagaimana ketentuan peraturan perundang-undangan.

Namun sebagai pejabat pembina kepegawaian Bupati tetap melakukan pertimbangan yang berdasarkan pada objektifitas, kepangkatan, kompetensi, kinerja, pengalaman serta etika.

Tingkah laku dan catatan-catatan kepegawaian lainnya tanpa membedakan gender, suku, agama, ras dan golongan yang tentunya telah melalui pembahasan Tim Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan atau Baperjakat Pemerintah Kabupaten Bengkayang, hal tersebut artinya bahwa proses pengambilan keputusan dalam pembinaan manajemen dan karir pegawai sepenuhnya mengacu dan selaras dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Pelantikan pejabat pimpinan tinggi pratama administrator dan pengawas dalam rangka menyesuaikan dengan perubahan nomenklatur baru,” katanya.

Menurutnya tentu pelaksanaan kegiatan tersebut telah melalui proses panjang karena pada saat itu jabatan kami sebagai Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kabupaten Bengkayang periode 2021-2026.

“Belum genap enam bulan sehingga memerlukan izin tertulis dari Kementerian Dalam Negeri melalui Gubernur namun saat ini telah mencapai masa lebih dari enam bulan maka tidak ada lagi kendala kita untuk melakukan mutasi atau rotasi pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkayang,” katanya.

Dia mengataka pastikan dalam waktu yang tidak terlalu lama kita akan segera melakukan seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama atau JPTP serta tes kompetensi untuk mutasi eselon dua untuk itu kepada bapak dan ibu yang telah memenuhi persyaratan saya harapkan untuk ikut berkompetisi terutama untuk pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama di enam jabatan OPD yang baru bisa dilaksanakan dengan anggaran APBD murni tahun anggaran 2021 ini.

“Pada kesempatan yang berbahagia ini kita tadi telah menyaksikan bersama pengambilan sumpah janji jabatan dan pelantikan melalui pola rotasi mutasi jabatan dan juga beberapa promosi yang seyogyanya merupakan proses penyegaran dan penyesuaian kebutuhan struktur dalam organisasi birokrasi hal seperti ini niscaya dalam kebutuhan dan situasi organisasi menghendaki dengan adanya rotasi mutasi yang hendaknya dapat memaknai sebagai sesuatu hal yang wajar dalam kehidupan organisasi,”katanya.

Bagi para PNS yang lain pasti akan mengalami rotasi dan mutasi ataupun promosi, di suatu saat nanti dengan catatan PNS tersebut memiliki kinerja yang baik mematuhi semua aturan kepegawaian punya etika dan selalu inovatif karena jabatan bukan sekedar amanah dan kepercayaan tetapi juga bagaimana hal tersebut dapat dijalankan dengan baik dan terukur.

“Untuk itu saya berharap kepada pejabat yang baru diambil sumpah atau janji dan dilantik pada hari ini terlebih yang mendapat promosi jabatan pertama saya ucapkan selamat bekerja jabatan yang baru dan saya harap saudara-saudara mampu membuktikan kemampuan saudara dengan menunjukkan prestasi kerja yang baik di masa yang akan datang,” katanya.

Tidak hanya itu saja, Darwis juga berpesan kepada yang dilantik mendapatkan rotasi jabatan selamat bertugas di tempat yang baru.

“Harapan saya semoga saudara-saudara segera dapat beradaptasi dengan tugas di lingkungan kerja yang baru serta menjadikan pengalaman dalam jabatan sebelumnya sebagai sarana intropeksi dan evaluasi,” ujarnya.

Ketiga, untuk menggunakan segala daya pikir dan kemampuan diri untuk berinovasi dalam menjalankan tupoksi saudara-saudara di tempat tugas masing-masing.“Bagi pejabat administrator yang menjadi pucuk pimpinan di satuan kerja seperti camat sesuai dengan Peraturan Bupati Bengkayang Nomor 61 Tahun 2020 tentang struktur organisasi dan tata kerja kecamatan saudara selalu dituntut untuk mampu menyelenggarakan tugas dan yang berkaitan dengan urusan pemerintahan pembangunan dan pelayanan masyarakat dalam wujud mengkoordinasikan penyelenggaraan pemerintahan umum,” katanya.

Ia mengatakan pemberdayaan masyarakat, ketentraman dan ketertiban umum penerapan peraturan-peraturan hukum pemerintah daerah pemeliharaan prasarana dan sarana pelayanan umum penyelenggaraan kegiatan pemerintahan yang dilakukan oleh perangkat daerah di tingkat kecamatan membina dan mengawasi penyelenggaraan kegiatan kelurahan dan tugas-tugas lainnya yang dilimpahkan bupati dalam hal melaksanakan pembagian kelulusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah.

Darwis juga menyampaikan pada kegiatan ini kepada seluruh pejabat baik yang dilantik pada hari ini maupun yang hadir pada kesempatan ini saya meminta untuk senantiasa menunjukkan dedikasi.

“Loyalitas dan kinerja yang tinggi mengingat seluruh pejabat khususnya mereka yang sudah menduduki jabatan pimpinan tinggi atau eselon dua sesuai dengan ketentuan akan selalu dilakukan evaluasi terhadap kinerja yang dihasilkan secara berkala sebagai upaya menuju diterapkannya pola pembinaan pegawai dengan sistem merit yang lebih menitikberatkan pada kualifikasi, kompetensi serta kinerja sebagai pertimbangan utama dalam pengembangan dan penataan karier,” jelasnya.

Sebastianus Darwis yang didampingi ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bengkayang Anita Darwis serta Wakil Bupati bengkayang Syamsul Rizal dan Yuliati Syamsu Rizal menyampaikan selamat bekerja semoga tuhan memberikan kekuatan dan kelancaran dalam upaya kita melaksanakan tugas dan pengabdian dalam rangka pembangunan sumber daya manusia Kabupaten Bengkayang yang unggul dan mantap.

Ia juga mengucapkan selamat kepada pejabat yang sudah mendapat kesempatan dan diberikan kerpecayaan mengemban tugas di tempat tugas yang baru semoga dapat segera menyesuaikan diri dengan kondisi kerja yang baru dan dapat melaksanakan tugas dengan baik tentunya.

Di tempat yang sama Sawang Renesius yang diberi kepercayaan baru menjabat sebagai Kepala Bidang Perpustakaan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bengkayang mengucapkan syukur dan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan oleh Bupati dan Wakil Bupati Bengkayang untuk jabatannya yang baru.

“Kepercayaan untuk menjabat jabatan yang baru adalah amanah yang harus saya jaga sehingga apapun keputusan itu saya selaku ASN siap melaksanakan tugas yang telah diberikan oleh pimpinan yaitu Bupati dan Wakil Bupati Bengkayang,” katanya.

Menurutnya siap melaksanakan tugas yang telah dipercayakan kepada pihaknya untuk dilaksanakan sebaik-baiknya dan juga mengucapkan terima kasih dan salam hormat.

“Saya kepada seluruh rekan-rekan yang telah bertugas sebelumnya di tempat yang lama mudah-mudahan di tempat yang baru ini saya dapat melaksanakan seluruh kepercayaan yang telah diberikan oleh pimpinan yaitu Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bengkayang,”kata Sawang.

Bedasarkan Keputusan Bupati Bengkayang Nomor :821.23/386/BKPSDM/tahun 2021 tanggal 7 September 2021 tentang mutasi dan pengangkatan pejabat administrator di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkayang, ada 24 pejabat administrator yang dilantik.

Kemudian berdasarkan Surat Keputusan Bupati Bengkayang nomor. 821.27/387/BKPSDM/tahun 2021 tentang mutasi dan pengangkatan pejabat administrator di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkayang sebanyak 9 pejabat yang dilantik.

Terakhir berdasarkan Keputusan Bupati Bengkayang nomor . 821.23/388/BKPSDM/tahun 2021 tentang mutasi dan pengangkatan pejabat administrator di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkayang sebanyak 53 orang pejabat yang dilantik

Jadi total 86 pejabat administrator yang dilantik yang pelantikannya dihadiri oleh Wakil Bupati Bengkayang Syamsul Rizal yang didampingi oleh Yuliati Syamsul Rizal, Ketua Tim Penggerak PKK Anita Darwis para Asisten, Staf Ahli, Kepala Dinas, Kepala Badan, kantor dan camat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkayang serta Lurah Bumi Emas dan Lurah Sebalo.