Rasakan Manfaat Program JKN, Ratmiasih Dampingi Anaknya Rawat Inap Gratis

Pontianak (Suara Kalbar)- Setiap elemen masyarakat Indonesia sudah merasakan dampak positif dari adanya program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Program ini tidak hanya memberikan perlindungan kesehatan, tetapi juga menjadi harapan baru bagi banyak keluarga di seluruh Indonesia.
Salah satu yang merasakan dampaknya adalah Ratmiasih (38) seorang warga asal Kota Pontianak yang turut merasakan dampak dari Program JKN. Ratmiasih merupakan peserta JKN segmen Pekerja Penerima Upah (PPU). Ia menceritakan pengalamannya pada saat anaknya yang berusia 3 tahun dirawat di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Anugrah yang terkena Muntaber atau flu perut. Muntaber dapat memberikan kondisi yang tidak menyenangkan, terutama bagi anak-anak, dan memerlukan perhatian medis yang tepat.
“Awalnya anak saya itu 3 hari demam, badannya panas, diare, mual dan muntah- muntah. Saya khawatir ketika mengetahui kondisi anak saya yang sudah lemas dan dehidrasi, akhirnya saya dan suami memutuskan untuk membawanya ke Unit Gawat Darurat (UGD). Dokter meminta untuk dilakukan rawat inap,” jelas Ratmiasih.
Ini merupakan kali ke-dua Ratmiasih menggunakan Rawat Inap. Pada saat melahirkan anaknya pun ia juga dirawat inap. Ratmiasih mengungkapkan betapa pentingnya terdaftar sebagai Peserta JKN. Dengan adanya Program JKN sangat membantu biaya pengobatan. Dengan program JKN membuat Ratmiasih dapat memastikan anaknya mendapatkan perawatan yang baik sesuai dengan kondisinya.
“Bagi saya ikut dalam program JKN ini sangat membantu dan sangat penting serta membantu keuangan keluarga saya juga. Anak saya juga waktu itu lahir di usia 6 bulan kandungan dan harus dirawat inap juga selama satu bulan di rumah sakit dan Alhamdulillah sepeserpun kami tidak mengeluarkan biaya, semua ditanggung oleh BPJS Kesehatan,” ungkap Ratmiasih.
Menurut Ratmiasih, mengakses layanan kesehatan melalui Program JKN bukan hal yang sulit dilakukan. Hal itu dikemukakannya karena kecemasan Masyarakat terhadap perbedaan pelayanan pada saat ingin mengakses layanan Kesehatan menggunakan program JKN , yang sampai sekarang masih menjadi sesuatu yang menakutkan.
“Banyak isu yang beredar dimasyarakat itu jika berobat menggunakan BPJS Kesehatan pasti tidak dilayani dengan baik seperti pasien umum lainnya. Tapi, bagi saya hal itu tidaklah benar, selama saya berobat dan mendampingi anak saya beberapa tahun ini, layanan yang diberikan justru baik dan tidak ada ketakutan bagi saya karena saya percaya saja dengan program ini,” tambahnya.
Ratmiasih bahkan mengapresiasi pelayanan yang diberikan oleh RSIA Anugrah. Dirinya mengakui pelayanan yang didapatkan pada saat menggunakan BPJS Kesehatan sangat baik dan membantu dirinya dan keluarga. Ia juga takjub dengan proses administrasi saat ini yang terasa lebih mudah dan tidak memakan waktu yang lama.
“Dokter dan petugas kesehatannya ramah–ramah, pelayanan yang diberikan pun juga sangat baik dan sangat membantu sekali. Tidak ada perbedaan pelayanan, semuanya dilayani dengan maksimal semua. Dan yang saya rasakan saat ini proses administrasinya yang sekarang justru sangat mudah, tidak ribet lagi, dulu kalau mau berobat perlu bawa berkas- berkas nya dulu sekarang Alhamdulillah bawa Kartu Tanda Kependudukan (KTP) saja sudah bisa”, ujarnya.
Ratmiasih berharap Program JKN selalu ada dan hadir untuk Masyarakat serta selalu memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat Indonesia. Dengan adanya Program JKN, masyarakat lebih dimudahkan dalam mengakses layanan kesehatan, baik itu di puskemas maupun di rumah sakit.
“Terima kasih kepada program JKN, sangat membantu sekali. Harapan saya semoga Program JKN selalu ada dan semakin baik lagi pelayanannya untuk masyarakat Indonesia, sukses selalu”, tutup Ratmiasih.
IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS