Dengan Aman JKN, Sindi Tak Perlu Menunggu Lama Akses Layanan Administrasi Di BPJS Kesehatan
Pontianak (Suara Kalbar) – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan terus mengupayakan transformasi mutu layanan dengan beragam inovasi untuk mewujudkan pelayanan yang mudah, cepat, dan setara.
Transformasi mutu layanan ini tidak hanya dilakukan di fasilitas kesehatan, namun juga dilakukan di kantor cabang dengan tujuan untuk memperluas akses informasi dan mempermudah peserta dalam mendapatkan layanan yang mereka butuhkan serta meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kepesertaan.
Untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan administrasi bagi peserta, BPJS Kesehatan merilis Anjungan Mandiri (AMAN) JKN.
Sindi (19) Mahasiswa asal Kota Pontianak yang turut merasakan dampak hadirnya AMAN JKN di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Pontianak. Dirinya pada saat itu datang ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan untuk mengecek status kepesertaan dan jumlah iuran yang akan dibayarkan, dirinya langsung diarahkan ke AMAN JKN oleh petugas keamanan yang berjaga.
“Saya datang ke kantor BPJS Kesehatan untuk mengecek status kepesertaan Ibu saya, saya pikir nantinya akan antre, soalnya ramai orang yang berkunjung ke kantor. Namun setelah saya masuk dan ditanyakan keperluan saya, saya langsung diarahkan oleh petugas keamanan untuk menggunakan AMAN JKN,” Jelas Sindi.
Menurut Sindi, terobosan ini adalah bentuk dari upaya BPJS Kesehatan untuk memastikan semua peserta dapat mengakses layanan administrasi dengan mudah dan efesien. Ditambah ketika dalam keadaan buru-buru dan tidak sempat menunggu lama, AMAN JKN merupakan Solusi yang tepat mengatasi hal tersebut.
“Adanya AMAN JKN ini membuat saya tidak menunggu antrean lagi, karena cek status kepesertaan Ibu saya bisa langsung diakses di layanan AMAN JKN dan dibantu juga tadi oleh petugas keamanan yang berjaga. Pelayanan yang efesien ini sangat memudahkan saya , sehingga saya bisa menghemat waktu saya lebih banyak,“ terang Sindi.
Dirinya mengatakan, fitur – fitur yang tersedia di Layanan AMAN JKN tidak hanya bisa mengecek status kepesertaan saja, bahkan AMAN JKN juga menyediakan informasi status tagihan kepada peserta segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU).
Selain itu, manajemen kepesertaan yang dapat dilakukan melalui layanan ini meliputi perubahan data pribadi dan keluarga, yang dapat memudahkan peserta untuk memperbaharui atau merubah informasi pribadi mereka.
“Saya rasa fitur – fitur yang disajikan oleh layanan ini dapat memberikan kemudahan dalam pengelolaan kepesertaan yang membuat peserta dapat mengakses informasi yang lebih cepat. Sangat terbantu sekali dengan layanan ini. Ditambah Proses perubahan data kepesertaan hanya perlu Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan prosesnya cepat, hanya beberapa menit status kepesertaan ibu saya sudah berubah. Hal ini juga yang membuat peserta jadi lebih enjoy ketika berkunjung ke kantor cabang,” ujarnya.
Selain itu, petugas juga mengarahkan Sindi untuk membuat akun pada aplikasi Program JKN. Menurutnya, layanan yang dirasakan sangat cepat dan praktis. Dirinya hanya perlu mengaktivasi akun di layar AMAN JKN dengan cara memasukkan data kepesertaan serta membuat kata sandi baru.
“Saya sebagai mahasiswa yang menyempatkan diri untuk datang ke kantor BPJS Kesehatan. Awalnya saya pun tidak punya aplikasi Mobile JKN, petugas mengarahkan saya untuk membuat akun Mobile JKN di layar AMAN JKN saja. Ternyata sangat mudah , cepat dan praktis sekali, saya hanya perlu memasukkan data kepesertaan saya saja dan membuat kata sandi baru. Setelahnya, akun Mobile JKN saya langsung aktif dan bisa digunakan”, ungkap Sindi.
Sindi mengapresiasi layanan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan, apalagi dengan adanya pengecekan mandiri melalui AMAN JKN yang telah ia gunakan barusan. Ia mengucapkan terima kasih kepada BPJS Kesehatan yang telah memberikan berbagai inovasi layanan sehingga dapat mempermudah masyarakat.
“Inovasi ini sangat membantu sekali, terutama untuk peserta yang hanya memiliki waktu sedikit untuk datang ke kantor cabang secara langsung. Semoga BPJS Kesehatan selalu bisa menghadirkan layanan yang berkualitas dan selalu ada mendampingi masyarakat,” tutup Sindi.
IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS
Join channel telegram websitekami.com agar tidak ketinggalan berita loker terbaru lainnya
Join now




