Yuniantini Dipermudah Melalui Layanan Digital BPJS Kesehatan
Pontianak (Suara Kalbar)- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan terus berupaya memberikan jaminan kesehatan bagi masyarakat, salah satunya melalui program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Manfaat program ini pun telah dirasakan oleh masyarakat di berbagai wilayah Indonesia, salah satunya Yuniantini (47) seorang warga asal Pontianak yang baru mendaftarkan diri menjadi peserta JKN.
Yuniantini menjelaskan alasan dirinya yang baru mendaftarkan diri dan suaminya menjadi peserta JKN karena suaminya yang mengalami cedera pada kakinya akibat terjatuh dari tangga. Sebelumnya Ia selalu berobat melalui umum dan ia merasa berat juga kalau harus selalu berobat umum. sehingga dirinya memutuskan untuk mendaftarkan dirinya menjadi peserta JKN. Awalnya Yuniantini mencoba mengurus pendaftarannya melalui fitur Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA), namun karena ada beberapa berkas yang harus di urus secara langsung sehingga membuatnya harus datang langsung ke Kantor Cabang Pontianak.
“Saya baru mendaftarkan diri saya dan keluarga menjadi peserta JKN itu karena suami saya yang terjatuh dari tangga yang berakibat suami saya mengalami pergeseran pada tulang kakinya. Sebelumnya saya dan keluarga saya selalu berobat melalui umum dan belum pernah menggunakan BPJS Kesehatan, akhirnya saya memilih untuk mendaftar. Saya awalnya mendapat informasi bahwa pendaftaran JKN itu bisa melalui Pandawa, namun karena ada beberapa kendala dan berkas yang harus diurus secara langsung akhirnya saya datang ke kantornya langsung, setelah itu saya diberikan penjelasan mengenai keuntungan menjadi peserta JKN,” ungkap Yuniantini.
Menurut Yuniantini Pelayanan di kantor Cabang Pontianak sangat baik, ia mengira dikantor nanti akan mengantre lama namun ternyata tidak. Ketika dirinya datang, tidak sampai lima menit ia langsung mendapatkan pelayanan. Pelayanan di BPJS Kesehatan Pontianak menurut Yuniantini terkesan ramah, penjelasannya jelas dan sangat membantu sekali untuk dirinya yang baru akan mendaftar menjadi peserta JKN.
“Saya kira pelayanan di kantor itu akan memakan banyak waktu, tapi ternyata tidak lama, setelah saya mendapatkan nomor antrian tidak sampai lima menit saya sudah dipanggil. Saya sangat terbantu dengan pelayanan yang baik dari kantor BPJS Kesehatan ini, dari awal saya datang sudah disambut baik dan diarahkan oleh petugasnya. Petugasnya ramah, penjelasan yang diberikan pun jelas dan sangat membantu saya dalam pendaftaran peserta JKN saya dan keluarga,” jelas Yuniantini.
Selain itu BPJS Kesehatan juga berupaya meningkatkan kualitas dan layanan berbasis online bagi seluruh peserta JKN. Mulai dari Aplikasi Mobile JKN, Care Center 165, hingga Pandawa. Yuniantini menjelaskan saat ini pelayanan terhadap peserta JKN sudah mudah dan cepat. Peserta JKN tidak perlu mencetak kartu JKN nya lagi cukup menggunakan KTP atau Kartu Digital pada aplikasi Mobile JKN.
“Sekarang peserta itu sudah bisa berobat atau mengakses layanan itu tidak repot lagi, hanya dengan menunjukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang ada di Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau melalui Kartu Digital pada Aplikasi Mobile JKN saja kita sudah bisa berobat. Sekarang juga prosesnya sudah cepat, kita ingin mengecek iuran, cek status kepesertaan, pindah faskes bahkan melihat ketersediaan kamar di rumah sakit saja bisa kita akses lewat layanan online”, tambah Yuniantini.
Yuniantini berharap Program JKN selalu terselenggara dan terus memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia. Selain itu dirinya juga berharap pelayanan semakin baik dan setara.
“Harapan saya untuk BPJS Kesehatan semoga selalu berada ditengah masyarakat dan terus memberikan manfaatnya bagi masyarakat. Dan saya juga berharap semoga layanannya semakin baik dan peserta mendapatkan pelayanan yang setara,” tutup Yuniantini.
IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS






