Rutin Jalani Cuci Darah, Lina Bersyukur Rasakan Manfaat Program JKN

Lina (51) salah seorang warga Pomtianak menunjukkan kartu JKN.

Pontianak (Suara Kalbar)- Tidak dapat dipungkiri kehadiran Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang telah berjalan satu dekade di Indonesia telah membawa manfaat pelayanan kesehatan yang sangat besar bagi masyarakat terutama bagi peserta JKN. Hal ini pula yang dirasakan oleh salah satu peserta JKN yaitu Lina (51) seorang warga asal kota Pontianak yang merupakan pasien cuci darah di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Pontianak atau RSUD Sultan Syarif Alkadrie.

Lina mengungkapkan ia sangat terbantu dengan layanan BPJS Kesehatan, terutama dari segi biaya yang dikeluarkan. Jika berobat sebagai pasien umum tentu biaya yang dikeluarkan akan sangat mahal, dengan adanya BPJS Kesehatan sangat membantu dalam menjalani pengobatan.

“Saya pasien cuci darah di RSUD Kota Pontianak. Bagi saya pelayanan BPJS Kesehatan sangat membantu dalam meringankan biaya perawatan. Karena dari segi biaya jika pasien umum itu biayanya pasti sangat besar, dengan menyediakan jaminan untuk cuci darah bagi pasien gagal ginjal, dapat membantu meringankan beban finansial saya dan keluarga, sehingga saya bisa mendapatkan perawatan yang diperlukan tanpa khawatir dengan biaya yang tinggi,” jelas Lina.

Menurut Lina, Program JKN ini harus terus berlangsung, karena dampak yang dirasakan sangat luar biasa bagi peserta JKN. Dirinya berharap seiring dengan perkembangan program JKN, banyak masyarakat yang harus memahami betapa pentingnya program JKN bagi setiap orang. Lina juga mengatakan program JKN sudah berjalan sangat baik hingga saat ini dan banyak peserta yang sudah mendapatkan manfaat dari program JKN termasuk dirinya.

“Saya berharap program JKN ini tetap berlanjut meskipun pemerintahan nanti akan berganti pemimpin, karena dampaknya sangat terasa bagi peserta JKN. Ditambah dengan perkembangan dari program – program JKN, tentu program ini penting untuk setiap orang. Sampai saat ini program JKN sudah berjalan dengan baik, banyak peserta yang sudah mendapatkan manfaat dari program ini termasuk saya,“ terang Lina.

Dirinya mengakui selama memanfaatkan Program JKN, ia menilai BPJS Kesehatan berkomitmen untuk menyediakan akses yang lebih baik untuk semua peserta. Hal ini terlihat dengan tidak adanya perbedaan pelayanan kesehatan di rumah sakit, baik itu antara pasien BPJS Kesehatan maupun pasien umum. ia tidak pernah merasakan perlakuan yang berbeda dan selalu mendapatkan kemudahan, baik dari fasilitas dan pelayanan. Lina mengatakan pada saat berkunjung ia mendapatkan pelayanan yang baik saat pergi ke Fasilitas kesehatan tempat ia menjalani perawatan. Ia mengatakan saat melakukan pengobatan, ia mendapatkan pelayanan yang sangat ramah dan professional dari tenaga medis tempat ia berobat.

“Pelayanan di Rumah Sakit Kota Pontianak ini sangat baik dan bagus. Saya tidak mendapatkan perbedaaan pelayanan kesehatan pada saat saya berkunjung ke rumah sakit Kota Pontianak. Ketika saya ingin berobat saya selalu mendapatkan kemudahan baik itu dari segi fasilitas maupun pelayanannya. Selain itu saya juga mendapat perlakuan yang baik dari dokter dan perawat disana, tenaga medisnya ramah – ramah dan juga Professional sehingga saya pun jadi nyaman berobat disini,” tambah Lina.

Lina juga mengungkapkan rasa terima kasih dan harapannya untuk BPJS Kesehatan di Hari Ulang Tahun ke–56 BPJS Kesehatan. Ia berharap BPJS Kesehatan selalu hadir untuk masyarakat Indonesia.

“Selamat ulang tahun ke-56 BPJS Kesehatan, terima kasih untuk setiap upaya, semangat dan waktu yang telah diberikan untuk masyarakat Indonesia. Semoga berbagai program mulia terus dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan semoga BPJS Kesehatan selalu hadir untuk masyarakat Indonesia,” kata Lina.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS