Kalbar  

KPU Kalbar Berikan Perhatian Khusus pada TPS yang Berpotensi Terjadinya Kecurangan

Ketua KPU Kalbar, MS Budi. SUARAKALBAR.CO.ID/Fajar.

Pontianak (Suara Kalbar) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Barat memberikan perhatian khusus pada Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berpotensi terjadi kecurangan.

Ketua KPU Kalbar, MS Budi, menegaskan bahwa kecurangan sekecil apapun dapat mencoreng peradaban pemilu. Peristiwa politik yang tidak sehat pada titik TPS dimanapun dia berada sekecil apapun akan mencoreng nama baik peradaban pemilu di tingkat nasional.

“Wilayah-wilayah yang sudah ada indikasi harus kita tingkatkan pengawasan, baik internal maupun eksternal,” ujar MS Budi.

MS Budi mengharapkan seluruh TPS di wilayah Kalimantan Barat dapat menampilkan potret pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil (luber jurdil), termasuk di daerah pedalaman dan pesisir pantai.

“Kita harapkan pemilu luber jurdil dapat diwujudkan di semua daerah, baik itu pedalaman maupun pesisir pantai,” tambahnya.

Menurut MS Budi, keberhasilan pemilu yang luber jurdil bukan hanya tanggung jawab KPU, tetapi juga berbagai pemangku kepentingan, termasuk Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), peserta pemilu, masyarakat, pemantau, dan Bawaslu.

MS Budi juga memberikan perhatian ekstra pada wilayah atau TPS yang pernah mengalami kejadian khusus dan meminta seluruh TPS di Kalimantan Barat untuk tidak mengulangi tindakan serupa.

Dengan adanya perhatian dan pengawasan yang lebih ketat, KPU Kalbar berharap masyarakat dapat menjaga integritas dan kejujuran pemilu di seluruh wilayah Kalimantan Barat.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS