Ketapang Terdampak Gempa Tektonik M4,6

Titik getaran gempa yang terjadi berdasarkan monitoring BMKG. SUARAKALBAR.CO/ID/Ist

Pontianak (Suara Kalbar) – Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat dan sekitarnya diguncang gempa bumi tektonik pada Jumat (05/07/2024) sekitar pukul 23:31 WIB ,dampak gempa ini juga kerap terjadi di Kabupaten lain di Kalimantan Barat.

Kepala Stageof Sleman Setyoajie Prayoedhie mengatakan hasil analisis BMKG menunjukan gempa bumi ini memiliki parameter dengan magnitude M4.6 episenter gempa bumi terleta pada 32KM arah Kayong Utara dengan kedalaman 3Km.

“Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesa aktif disekitar wilayah tersebut,” kata Setyoajie Sabtu (06/07/2024) pagi.

Setyoajie menuturkan dampak gempa bumi yakni guncangan yang dirasakan terjadi di Kawasan Kabupaten Ketapang getaran tersebut seperti benda ringan yang bergoyang sedangkan getaran nyata didalam rumah terasa getaran seperti ada kendaraan besar melintas.

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut,” tuturnya.

Berdasarkan pantauan BMKG hingga Sabtu dini hari belum ada ditemukan tanda- tanda gempa bumi susulan,dihimbau kepada Masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya,hindari bangunan yang rusak atau retak akibat gempa.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda Kembali ke dalam rumah,” pungkasnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS