Warga Desa Tembesuk Antusias Ikuti Lomba Satkamling Hari Bhayangkara ke 78

Jumat Curhat Polsek Mahap di Kantor Desa Tembesuk, Jumat (31/5/2024). SUARAKALBAR.CO.ID/Polsek Mahap. 

Sekadau (Suara Kalbar)- Warga Desa Tembesuk, Kecamatan Nanga Mahap, Sekadau, antusias mempersiapkan diri untuk mengikuti Lomba Satkamling dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-78.

Semangat para warga terpancar saat mengikuti kegiatan Jumat Curhat di Kantor Desa Tembesuk, Jumat (31/5/2024). Mereka berdiskusi langsung dengan Kapolsek Nanga Mahap, Ipda Eric Ibrahim Pattimura, didampingi oleh Kanit Binmas Bripka Lasa Dominikus dan Kanit Intelkam Bripka Nanang.

Ipda Eric menyampaikan bahwa lomba Satkamling ini merupakan salah satu upaya Polres Sekadau untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan.

“Saya berharap dari Desa Tembesuk dapat mewakili Kecamatan Nanga Mahap dalam lomba Satkamling Hari Bhayangkara ke 78 di Polres Sekadau. Karena dalam perlombaan ini setiap Polsek hanya bisa mengajukan satu Satkamling terbaik untuk maju dalam perlombaan,” ucap Ipda Eric.

Ipda Eric menjelaskan bahwa Satkamling memiliki peran penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, terutama di wilayah pemukiman. Oleh karena itu, Satkamling perlu dioptimalkan dan ditumbuhkembangkan.

Dikatakan Ipda Eric, Pos Satkamling minimal harus memiliki peralatan standar, seperti kentongan, papan tanda-tanda sandi kentongan, alat pemadam api sederhana, pentungan, jas hujan, buku absensi dan mutasi, lampu senter, serta borgol.

Selain itu, diharapkan setiap petugas Satkamling dapat melakukan pertolongan pertama terhadap korban yang timbul akibat suatu kejadian, baik pidana maupun non pidana, serta pengamanan terhadap pelaku kejahatan yang tertangkap tangan.

Kades Tembesuk, Riyadi, yang menyampaikan apresiasinya terhadap lomba Satkamling dalam rangka Hari Bhayangkara ke-78. Dia berterima kasih kepada Kapolsek Nanga Mahap yang telah mempercayai Desa Tembesuk untuk mewakili Kecamatan Nanga Mahap.

“Desa Tembesuk siap mendukung penuh dan berpartisipasi aktif dalam lomba tersebut. Kami akan memperbaiki Pos Satkamling yang ada dan melengkapi perlengkapan yang diperlukan sesuai standar,” tutupnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS