Radioterapi di RSUD Soedarso Pontianak Mulai Layani Pasien BPJS di Bulan Agustus Mendatang

Direktur RSUD dr. Soedarso, Hary Agung Tjahyadi melakukan sosialisasi pelayanan Radioterapi.[SUARAKALBAR.CO.ID/Fajar Bahari]

Pontianak ( Suara Kalbar ) – Pelayanan Radioterapi untuk penyakit kanker di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Soedarso diperkirakan mulai dibuka dibukan Juli 2024 nanti. Dibukanya pelayanan Radioterapi sudah melalui sejumlah tahapan sejak Gedung Terpadu Radiologi dan Jantung diresmikan pada Agustus 2023 lalu.

“Hari ini kita sosialisasi terkait dengan layanan radioterapi, sebenarnya sudah lama dipersiapkan dan melewati beberapa tahapan. Minggu ini izin bapeda bisa keluar, tapi tindak lanjutnya ada satu lagi izin kemenkes, mudah-mudahan kurang satu bulan izin nya bisa keluar,” ucap Direktur RSUD dr. Soedarso, Hary Agung Tjahyadi Senin (10/06/2024).

Hary Agung Tjahyadi juga menyampaikan, untuk sementara pelayanan Radioterapi dibuka untuk pasien umum, sedangkan peserta BPJS diperkirakan buka bulan Agustus.

“Untuk layanan BPJS harus melakukan MOU dengan BPJS, mudah mudahan perhitungan kita umum bisa Juli, Agustus peserta BPJS bisa memanfaatkan terapi radiasi,” jelas Harry.

Hary Agung Tjahyadi mengatakan, bahwa pelayanan radioterapi telah lama disiapkan sejak peresmian Gedung Terpadu Radiologi dan Jantung. Hanya saja ada beberapa tahapan yang harus dilewati terkait perizinan radioterapi.

“Terapi radiasi salah satu jenis pengobatan intervensi penyakit kanker, kita sudah punya, melalui kemoterapi dan bedah dan satu lagi pelengkap yaitu radio terapi,” ujarnya.

Terapi radiasi adalah salah satu dari jenis pengobatan atau intervensi dari penyakit kanker. Disebutkan Harry, saat ini RSUD Soedarso telah mempunyai terapi kemoterapi, bedah kanker dan satu lagi radioterapi sebagai melengkapi layanan rujukan utama.

Ia berharap, dengan beroperasionalnya radioterapi ini masyarakat Kalbar yang biasanya harus dirujuk ke Jakarta, nantinya bisa mendapatkan layanan di RSUD Soedarso.

Diharapkan, dengan ada layanan ini di Kalbar, masyarakat cukup datang ke RSUD dr Soedarso tidak harus ke Jakarta, dan lainnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS