PPDB Jalur Zonasi SMA di Kalbar Bertambah 10 Persen  

Suasana di Sekolah Menengah Atas di Kota Pontianak. SUARAKALBAR.CO.ID/Yati.

Pontianak (Suara Kalbar) – Sejak beberapa waktu lalu, penerimaan peserta didik baru telah berlangsung di sejumlah sekolah menengah atas di Kalbar, yang terdiri dari empat jalur yakni jalur zonasi, jalur afirmasi, jalur mutasi dan prestasi.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalbar, Rita Hastarita mengatakan jika pihaknya menambah 10 persen kuota jalur zonasi pada penerimaan peserta didik baru tahun 2024.

“Secara keseluruhan kuota PPDB pada tahun ini terjadi penambahan, sebab terdapat beberapa unit sekolah baru serta dibukanya sekolah pendidikan layanan khusus,” Katanya.

Rita menjelaskan jika dari empat jalur PPDB terdapat perubahan di jumlah presentase kuotanya, di mana pada jalur zonasi dari 5o persen menjadi 60 persen. Kemudian afirmasi tetap 15 persen dan didalamnya ada dua persen untuk disabilitas, selanjutnya untuk mutasi lima persen, sementara jalur prestasi dulunya 30 persen, kini 20 persen.

“Kuota daya tampung PPDB online sebanyak 55.367.sedangkan sampai saat ini,calon peserta didik yang telah membuat akun berjumlah 19.904,” jelasnya.

Rita memastikan, pihaknya siap melaksanakan PPDB online SMA dan SMK tahun 2024 seperti aplikasi,seperti berkomitmen untuk memantau aplikasi,hingga memberikan pelatihan kepada operator.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS