Polres Singkawang Gelar Penulusuran Jejak Kepahlawanan Anggota Polri

Petugas Polres Singkawang saat penelusuran jejak sejarah di Taman Makam Pahlawan di Roban, Singkawang belum lama ini. SUARA KALBAR.CO.ID/HO.Humas Polres Singkawang.

Singkawang (Suara Kalbar)- Polres Singkawang mengadakan kegiatan penelusuran jejak kepahlawanan anggota Polri di Kota Singkawang untuk periode 1945-1950.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menggali dan mengidentifikasi peran serta kontribusi anggota Polri dalam masa awal kemerdekaan Indonesia,” ujar Kapolres Singkawang AKBP Fatchur Rochman melalui Kabag SDM Polres Singkawang Kompol Tomy Chahyadi.

Tim dari Polres Singkawang yang terlibat dalam kegiatan ini terdiri dari Kabag SDM Polres Singkawang beserta Kasubbagwatpers dan personel watpers Bag SDM Polres Singkawang Polda Kalbar.

“Pada tanggal 7 Mei 2024 tim Polres Singkawang melakukan koordinasi dengan Dinas Sosial dan PPPA Kota Singkawang, Pertemuan ini dihadiri oleh Sutiyarto, Kepala Dinas Sosial dan PPPA Kota Singkawang, dan Suyadi yang merupakan penjaga Taman Makam Pahlawan Kota Singkawang. Kegiatan ini bertujuan untuk memperoleh data dan informasi mengenai anggota Polri yang dianggap sebagai pahlawan pada periode tersebut,” katanya.

Tim Polres Singkawang melanjutkan penelusuran dengan berkoordinasi di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Singkawang, pertemuan ini dihadiri oleh Supardiyana, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Singkawang, selanjutnya tim juga melaksanakan pengecekan langsung di Taman Makam Pahlawan Kota Singkawang untuk memastikan data yang ada.

Dari hasil penelusuran dan koordinasi tersebut, ditemukan bahwa sampai saat ini belum ada data atau informasi khusus yang menyatakan adanya anggota Polri yang menjadi pahlawan pada periode 1945-1950 di Kota Singkawang, Informasi ini diperoleh dari catatan yang ada di Dinas Sosial dan PPPA, serta Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Singkawang.

“Kegiatan penelusuran ini merupakan langkah penting dalam upaya menghargai dan mengenang jasa-jasa anggota Polri yang telah berkontribusi pada masa kemerdekaan Indonesia. Meskipun belum ditemukan data spesifik, upaya ini diharapkan dapat memotivasi penelitian lebih lanjut dan penggalian informasi yang lebih mendalam di masa depan,” pungkasnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS