Kalbar  

Pj Gubernur Buka POPDA Kalbar, Harisson: Atlet Pelajar Harus Terus Berkembang

Pj Gubernur Kalbar Harisson saat menghadiri pembukaan POPDA Tahun 2024 di GOR Terpadu A Yani, Kota Pontianak, Senin (24/6/2024). SUARA KALBAR.CO.ID/ HO.Adpim Kalbar.

Pontianak (Suara Kalbar) – Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat Harisson secara resmi membuka Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Tahun 2024 Provinsi Kalbar yang ditandai atraksi pemecahan balok (terbuat dari bahan streoform) di GOR Terpadu A Yani, Kota Pontianak, Senin (24/6/2024).

Pembukaan POPDA 2024 ini turut menampilkan tarian kolosal serta atraksi silat seni Kalbar Award serta pertunjukkan cheerleaders dan senam kreasi.

Tak hanya itu, defile kontingen dengan dipandu dentuman drumband turut menyemarakkan acara pembukaan event olahraga tahunan bagi pelajar se-Kalbar tersebut.

Dalam kesempatan ini, Pj Gubernur Kalbar Harisson mengatakan bahwa event olahraga POPDA Kalbar 2024 ini diharapkan dapat memotivasi para atlet pelajar dalam berkompetisi untuk meningkatkan kompetensi pada bidang olahraga ke kancah yang lebih tinggi.

“Kita ingin agar atlet-atlet pelajar ini benar-benar bisa berkembang menjadi atlet-atlet berprestasi di tingkat nasional maupun internasional. Seperti yang ditunjukkan oleh banyak atlet-atlet kita asal Kalbar yang berprestasi di tingkat internasional dan malah sudah ada yang masuk ke olimpiade,” ujar Harisson.

Dirinya juga menyampaikan apresiasi dan selamat kepada atlet-atlet yang lolos ke Olimpiade seperti Veddriq dan kawan-kawan. Ia berharap kedepannya muncul bibit – bibit atlet yang tangguh seperti apa yang sudah ditorehkan Veddiq dan rekan – rekannya.

“Prinsipnya Pemerintah Provinsi Kalbar terus akan mendukung upaya atlet atlet kita untuk terus berprestasi dan walaupun kita mengalami keterbatasan pendanaan tetapi kita akan tetap melakukan perbaikan maupun peningkatan sarana prasarana,” katanya.

Terkait GOR Terpadu A. Yani, Harisson mengungkapkan banyak mendapat pujian dari manager-manager Proliga, dimana GOR ini merupakan salah satu GOR terbaik.

“Seperti yang sudah kita bangun ini GOR Terpadu A Yani ini merupakan salah satu Gor terbaik nasional. Jadi banyak kemarin manajer manajer official proliga yang datang kesini memuji gedung GOR Terpadu A Yani ini yang sudah bertaraf internasional,” jelasnya.

Tak hanya itu, Pemerintah Provinsi Kalbar nantinya akan membangun Pusat UMKM di area GIR Terpadu A Yani guna meningkatkan perekonomian terutama kepada pelaku UMKM.

“Kedepan kita juga akan membangun pusat kuliner disini, dimana nanti kita akan menghadirkan UMKM sehingga masyarakat yang melakukan kegiatan olahraga nanti bisa langsung makan dan minum di pusat kuliner yang kita sediakan,” kata Harisson.

Pada kesempatan yang sama, Kadisporapar Kalbar Windy Prihastari menjelaskan POPDA Tahun 2024 ini diikuti 1.500 atlet se-Kalbar dan 8 cabang olahraga yang dipertandingkan yakni sepak bola, bola basket, bola voli, bulu tangkis, sepak takraw, tenis lapangan, tinju dan pencak silat.

“Hari ini juga sudah mulai satu cabor yaitu sepak bola dan ini ada delapan cabor yang dipertandingkan dengan beberapa macam venue yang sudah kita tentukan selama empat hari kedepan untuk memperebutkan 108 medali dan trophy juara umum,” kata Windy.

Dikatakannya, tujuan dilaksanakan event olahraga tahunan ini guna menjaring bibit atlet pelajar potensial untuk dibina dan disiapkan dalam rangka keikutsertaan Kalbar pada event-event olahraga selanjutnya.

“Tentunya diharapkan dengan dimulai dari usia pelajar kita untuk meregenerasi dan kemudian mempersiapkan bibit-bibit atlet berprestasi yaitu secara nasional maupun internasional,” harapnya.

Pemerintah Provinsi Kalbar melalui Disporapar sebagai pemangku tugas dan fungsi pengembangan peningkatan prestasi atlet khususnya atlet pelajar dari sekolah atlet yaitu PPLP, guna mempersiapkan atlet-atlet tersebut untuk bisa bertanding secara nasional dan internasional.

“Dengan adanya POPDA ini, diharapkan terus memberikan motivasi kepada seluruh pemuda yang ada di Kalbar bahwa peluang untuk berprestasi dibidang olahraga sangat terbuka sekali. Kita sekarang sedang semangat – semangatnya karena 3 atlet asal Kalbar lolos Olimpiade dan sudah mendapatkan tiket yaitu Veddriq, Bernard dan Junaidi yang akan mengibarkan bendera Indonesia dan mengharumkan nama Provinsi Kalbar,” paparnya.

Agenda tersebut turut dihadiri Forkopimda Kalbar, Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat (Pj. Sekda Kalbar), Mohammad Bari, beserta istri yang juga Pj. Ketua DWP Kalbar, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Kadisporapar) Kalbar, Windy Prihastari, Bupati/Walikota se-Kalbar atau yang mewakili serta seluruh Kepala Perangkat Daerah Kalbar.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS