KPK Siap Periksa Lagi Hasto Kristiyanto terkait Kasus Suap Harun Masiku

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (tengah), usai diperiksa di gedung KPK, Jakarta, Senin 10 Juni 2024. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto memenuhi panggilan tim penyidik KPK sebagai saksi dalam kasus suap pergantian antar-waktu (PAW) dengan tersangka Harun Masiku. Hasto keluar dari gedung KPK setelah diperiksa selama empat jam. (Berita Satu Photo/Joanito De Saojoao)

Jakarta (Suara Kalbar)- Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata mengungkapkan pihaknya bakal memanggil lagi Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto. Dia hendak kembali digali keterangannya sebagai saksi dalam kasus dugaan suap penetapan anggota DPR periode 2019 sampai 2024 dengan tersangka Harun Masiku (HM) yang kini sedang buron.

“Saya diberitahu akan dipanggil lagi,” kata melansir dari Beritasatu.com, Rabu(12/6/2024).

Hasto sudah menjalani pemeriksaan tim penyidik KPK terkait kasus Harun Masiku, Senin (10/6/2024). Diungkapkan Alex, pihak Hasto juga sudah meminta penjadwalan pemeriksaan pada Juli mendatang.

“Atau bahkan Pak Hasto sendiri yang akan datang sendiri, jadi enggak perlu panggilan. Kalau enggak salah bulan Juli atau apa yang bersangkutan minta dijadwalkan,” ungkap Alex.

Alex pun turut membenarkan penyidik KPK sempat meminta agar Hasto dicegah ke luar negeri. Meski begitu, pimpinan KPK memberikan arahan untuk menunda pengajuan cegah terhadap Hasto ke Ditjen Imigrasi.

“Iya,” kata Alex. Dia membenarkan soal penyidik KPK sudah mengusulkan Hasto dicegah ke luar negeri, tetapi pimpinan memberikan disposisi tunda.

Alex pun menerangkan, pimpinan KPK mengeluarkan disposisi tunda karena Hasto bersikap kooperatif. Untuk itu, pengajuan cegah ke luar negeri belum diperlukan.

“Itu tadi kooperatif yang bersangkutan menyampaikan akan datang. Sepanjang yang bersangkutan ada di Jakarta dan menghormati hukum dan menyatakan akan datang panggilan KPK, tidak ada relevansinya dilakukan cegah,” tutur Alex.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS