Habib Husein Alkadrie, Mufti Pertama Mempawah yang Berjasa dalam Penyebaran Islam di Kalbar

Pj Bupati Mempawah Ismail saat menghadiri Haul Akbar ke-261 Habib Husein bin Ahmad Alkadrie Jamalullail di Desa Sejegi, Kecamatan Mempawah Timur, Minggu (9/6/2024). SUARAKALBAR.CO.ID/Diskominfo Mpw

Mempawah (Suara Kalbar) – Haul ke-261 tahun 2024 ulama besar Mempawah Kalimantan Barat Habib Husein bin Ahmad Alkadrie Jamalullail berlangsung secara sederhana, Minggu (9/6/2024).

Pelaksanaan haul di Komplek Makam Habib Husein di Desa Sejegi, Kecamatan Mempawah Timur, turut dihadiri Pj Bupati Mempawah Ismail.

Di momen itu, Ismail mengatakan Habib Husein Alkadrie merupakan ulama kebanggaan masyarakat di Kabupaten Mempawah yang mengajarkan ilmu agama Islam sejak 200 tahun lalu.

“Haul ini tentunya sebagai wujud syukur, dan patut dibanggakan karena beliau salah satu ulama yang terkenal luas di Indonesia,” ujar Pj Bupati.

Ismail juga mengatakan, Pemkab Mempawah mendukung sepenuhnya dan menyambut baik Haul ke-261. Karena dengan haul ini menjadi sarana untuk meneladani apa yang telah diajarkan Habib Husein Alkadrie.

“Beliau (Habib Husein Alkadrie) telah banyak memberikan kontribusi dalam bidang agama di Bumi Galaherang, yakni Mempawah,” ucapnya.

Dan pelaksanaan haul sebagai bukti kecintaan dan memuliakan tokoh ulama besar Mempawah yang setiap hari banyak diziarahi ini.

Ismail selanjutnya mengajak semua yang hadir untuk dapat melanjutkan apa yang telah diajarkan Habib Husein.

“Nilai-nilai yang telah diwariskan hendaknya dapat dijaga dan diamalkan karena kerendahan dan ketawadhuan beliau menjadikan Kabupaten Mempawah kini senantiasa aman, harmonis dan solid,” imbuhnya.

“Mari kita menjaga kekompakan dan kebersamaan demi mewujudkan Kabupaten Mempawah yang maju untuk semua dengan bimbingan para ulama,” tutup Pj Bupati Ismail.

Mufti Pertama Kerajaan Mempawah
Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana Habib Usman berharap Haul Akbar ke-261 Habib Husein Alkadrie mendapatkan keberkahan dan magfirah dari Allah SWT.

Ia menuturkan, haul ini telah dilaksanakan sejak 5 tahun lalu sebagai wujud napak tilas untuk mengenang keteladanan dan jasa Habib Husein Alkadrie sebagai ulama yang telah banyak memberikan sumbangsih bagi masyarakat Mempawah.

Habib Usman menceritakan, Habib Husein Alkadrie merupakan mufti pertama di Mempawah yang dulunya memberikan kontribusi bagi penyebaran agama Islam di Kalimantan Barat.

Selain itu, ia juga menjadi mufti yang memberikan masukan dan bimbingan kepada raja pertama di Kerajaan Mempawah.

“Habib Husein Alkadrie merupakan mufti pertama di Kerajaan Mempawah,” ujarnya.

Turut hadir pada kegiatan haul, Raja Mempawah Mardan Adijaya, Dandim 1201 Mempawah Letkol Inf Benu Supriyantoko, jajaran Forkopimda, Camat Mempawah Timur Agus Isnanto, Kapolsek Mempawah Timur Ipda Andrianto, para ulama dan tamu undangan lainnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS