Fakultas Filsafat UGM Gelar Pengabdian kepada Masyarakat di Nyarumkop Singkawang

Tim pengabdian kepada masyarakat Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada (UGM) di Masjid Al-Fattah Mencong RT 09 RW 02 Kelurahan Nyarumkop, Singkawang Timur, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Rabu (19/6/2024). SUARA KALBAR.CO.ID/HO.Istimewa.

Singkawang (Suara Kalbar)- Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di daerah Singkawang tepatnya di Masjid Al-Fattah Mencong RT 09 RW 02 Kelurahan Nyarumkop, Singkawang Timur, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Rabu (19/6/2024).

Tim pengabdian yang terdiri dari Dosen Fakultas Filsafat Dr. Rizal Mustansyir, Dr. Sonjoruri Budiani Trisakti, Dr. Misnal Munir, dan Rangga Kala Mahaswa, S.Fil., M.Phil., mengangkat tema utama sosialisasi pembentukan koperasi dan pelatihan pemotongan hewan kurban.

“Saya meyakini bahwa proses penguatan perekonomian masyarakat dapat dibangun melalui koperasi, dan dimulai dari masjid sebagai ruang sosial kekeluargaan yang emansipatoris,” ujar Dr. Misnal Munir, Dosen Fakultas Filsafat UGM yang juga anggota Tim Pengabdian kepada Masyarakat UGM saat proses tanya jawab di akhir sesi diskusi.

Di tempat yang sama, Lurah Nyarumkop Mahmudi mengatakan tentang pentingnya komitmen bersama yang harus dijaga dan diperkuat bersama dalam proses pembentukan koperasi, dengan setidaknya memulainya dengan menunjukkan rasa kejujuran dan tanggung jawab bersama.

“Masyarakat di sekitar masjid Al-Fattah menyambut baik dan terbuka program pengabdian ini, dengan harapan kelak program ini dapat berlanjut,” katanya.

Adapun dukungan dari berbagai pihak dalam rangka pengabdian ini tidak dapat terlepas dari bantuan dana pembangunan masjid dari Masjid Kampus UGM sebesar Rp 10 juta, hibah perlengkapan ibadah masjid sebesar Rp 5 juta dari para donatur.

Bantuan itu ditambah lagi dari Dr. Siti Murtiningsih dan Nezar Patria turut serta membantu perlengkapan masjid, kipas angin, Al-quran dan lemari, sebesar Rp 4, 5 juta hibah alat penyembelihan kurban sebesar Rp 1 juta, serta hibah dana koperasi dari Mushola Al-Hikmah Fakultas Filsafat sebesar Rp 2 juta.

Agenda ini ditutup dengan penyerahan cindera mata, modul pelatihan, perlengkapan alat ibadah, beserta dana hibah koperasi secara simbolis.

Sebelumnya, pada tahun 2023, tim pengabdian Fakultas Filsafat UGM bekerja sama dengan Lazis MU telah menyukseskan pengabdian di sekitar Masjid Al-Qodiir, Semelagi Kecil, Singkawang Utara, Kota Singkawang.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS