BPBD Kapuas Hulu Gencar Sosialisasi Cegah Karhutla

Sosialisasi pencegahan dan penanggulangan Karhutla di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. ANTARA

Kapuas Hulu (Suara Kalbar)- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, aktif melakukan sosialisasi untuk mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di daerah tersebut.

Kepala BPBD Kapuas Hulu, Gunawan, menjelaskan bahwa sosialisasi ini mencakup peraturan daerah dan peraturan bupati terkait pembukaan lahan dengan cara pembakaran terbatas, yang disampaikan hingga tingkat kecamatan dan desa secara berjenjang.

“Kami sosialisasikan peraturan daerah dan peraturan bupati terkait pembukaan lahan dengan cara pembakaran secara terbatas sampai ke tingkat kecamatan dan desa secara berjenjang,” katanya melansir dari ANTARA, Rabu(12/6/2024).

Dalam menjalankan sosialisasi ini, BPBD Kapuas Hulu bekerja sama dengan berbagai instansi terkait, termasuk TNI, Polri, Dinas Pertanian, Dinas Lingkungan Hidup, perusahaan, dan pengelola taman nasional di Kapuas Hulu. Selain itu, BPBD Kapuas Hulu secara rutin berkoordinasi dan menginformasikan analisis cuaca dari BMKG ke pihak kecamatan dan desa.

“Kami juga akan membentuk Komando Satgas Karhutla Kapuas Hulu sebagai antisipasi ketika terjadi karhutla yang membutuhkan tindak lanjut, baik pada saat pra-karhutla maupun pada saat kejadian karhutla,” kata Gunawan.

Gunawan berharap langkah-langkah ini dapat meminimalisasi terjadinya karhutla di wilayah Kapuas Hulu. Ia juga mengimbau seluruh lapisan masyarakat, tokoh adat, dan lembaga lainnya untuk turut serta dalam upaya pencegahan, sehingga pada tahun 2024 tidak terjadi karhutla yang dapat berdampak luas pada kehidupan masyarakat.

“Yang kami harapkan masyarakat dapat mematuhi aturan yang berkaitan dengan pembakaran lahan secara terbatas, terutama bagi masyarakat petani tradisional atau berladang,” kata Gunawan.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS