Bisnis  

XL Axiata Bawa Solusi Digital untuk Industri Manufaktur dengan Smart Manufacture

Dorong Digitalisasi Industri Manufaktur XL Axiata Kenalkan Solusi Smart Manufacture.[SUARAKALBAR.CO.ID/HO-XL Axiata]

Jakarta (Suara Kalbar)- PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melalui XL Axiata Business Solutions (XLABS) telah memperkenalkan solusi digital yang bertujuan untuk mempercepat proses digitalisasi di industri manufaktur Indonesia.

Solusi yang disebut Smart Manufacture ini menggunakan teknologi Internet of Things (IoT) dan menawarkan berbagai manfaat, termasuk peningkatan efisiensi operasional, peningkatan nilai tambah, dan peningkatan kualitas produk.

Implementasi solusi ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja perusahaan dan daya saing industri manufaktur di Indonesia.

Feby Sallyanto, Chief Enterprise Business Officer XL Axiata, menjelaskan bahwa industri manufaktur telah mencatat kinerja yang sangat baik, menjadi salah satu penyumbang terbesar terhadap pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) nasional.

Untuk mendukung terus meningkatnya kinerja industri manufaktur di Indonesia, XLABS menghadirkan solusi Smart Manufacture ini.

Solusi Smart Manufacture dari XL Axiata menggunakan teknologi IoT untuk mendigitalisasikan berbagai aset seperti mesin, sensor, PLC, robot, dan motor di industri manufaktur. Data yang dihasilkan oleh aset-aset tersebut kemudian dapat ditangkap, dikirim, divisualisasikan, dan dianalisis melalui suatu dashboard.

Feby Sallyanto menjelaskan bahwa dulu, perangkat keras di mesin industri seringkali sulit didigitalisasi karena terikat dengan perangkat lunak tertentu.

Namun, dengan adanya protokol standar dan solusi Smart Manufacture dari XL Axiata, digitalisasi di sektor manufaktur menjadi lebih cepat, aman, dan terintegrasi.

Salah satu contoh perusahaan manufaktur yang telah mengimplementasikan solusi Smart Manufacture dari XL Axiata adalah PT Kobelindo Compressors. Kobelindo menggunakan Teknologi IoT untuk mengumpulkan, menyimpan, dan menganalisis data kinerja kompresor mereka secara real-time.

Data ini digunakan untuk memberikan masukan kepada pengguna mengenai kinerja mesin mereka dan merencanakan pemeliharaan yang tepat waktu. Dengan solusi ini, Kobelindo dapat meningkatkan daya saingnya di pasar global.

Kobelindo adalah distributor tunggal kompresor udara merek Kobelco di Indonesia dan melayani berbagai industri, termasuk manufaktur, pertambangan, dan energi. Dengan penerapan Smart Manufacture dari XL Axiata, Kobelindo dapat mengidentifikasi dan memperbaiki masalah pada kompresor lebih cepat, mengoptimalkan penggunaan energi dan bahan baku, serta meningkatkan kualitas produk dan kepuasan pelanggan.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS