Satlantas Polres Mempawah Rilis Angka Kecelakaan, Ini Imbauan AKP Gatot Poerwarno

Kasatlantas Polres Mempawah AKP Gatot Poerwarno, KBO Satlantas Iptu E. Marwan dan Kanit Gakkum Iptu Imran saat pers rilis di Aula Rupatama Polres Mempawah, Kamis (16/5/2024). SUARAKALBAR.CO.ID/Humasres Mpw

Mempawah (Suara Kalbar) – Angka kecelakaan lalu lintas (laka lantas) di wilayah hukum Polres Mempawah Polda Kalbar masih relatif tinggi.

Pada Maret hingga April 2024 saja, tercatat ada 25 kejadian laka lantas. Dari 25 kasus itu, tiga orang meninggal dunia, luka berat 28 orang, luka ringan 5 orang.

Hal tersebut disampaikan Kapolres Mempawah AKBP Sudarsono melalui Kasatlantas AKP Gatot Poerwarno dalam Pers Rilis di Aula Rupatama Polres Mempawah, Kamis (16/5/2024).

Dijelaskan Gatot, dilihat dari sisi fatalitas, jumlah korban laka lantas yang meninggal dunia pada Maret hingga April 2024 turun dibandingkan dua bulan yang sama pada tahun 2023 lalu.

“Pada Maret hingga April 203 lalu, angka laka lantas juga 25 kasus, namun jumlah korban yang meninggal dunia sebanyak 7 orang dan luka berat 11 orang,” ungkapnya.

Terkait dengan penyelesaian perkara, pada Maret hingga April 2023 sebanyak 15 kasus. Rinciannya adalah, dua kasus P21, tiga SP3 dan Restorative Justice (RJ) ada 10 perkara.

“Sementara untuk periode Maret hingga April 2024, penyelesaian perkara juga sama, yakni 15 kasus. Dengan demikian 65 persen perkara laka lantas dapat diselesaikan,” papar AKP Gatot Poerwarno.

Ia selanjutnya menjelaskan bahwa penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintasnya ada beberapa faktor.

Salah satunya adalah faktor proses perbaikan atau peningkatan kualitas jalan di sejumlah titik Jalan Raya Nasional Mempawah.

Yaitu spot Jalan Raya Desa Sungai Batang Kecamatan Sungai Pinyuh ke Jalan Daeng Manambon Kelurahan Tengah Kecamatan Mempawah Hilir.

Kemudian ada juga spot perbaikan atau peningkatan kualitas jalan mulai dari Desa Sengkubang Kecamatan Mempawah Hilir hingga Desa Sungai Duri Kecamatan Sungai Kunyit.

Untuk itu, lanjut AKP Gatot, Satlantas Polres Mempawah mengimbau kepada masyarakat agar selalu mematuhi aturan lalu lintas, tidak terburu-buru berkendara dan mengutamakan keselamatan di jalan raya.

“Dan kepada orangtua, para guru maupun masyarakat, kami berharap dapat memberikan edukasi kepada anak-anaknya untuk berprilaku tertib di jalan raya dan mematuhi peraturan lalu lintas,” tutupnya.

Saat pers rilis tersebut, AKP Gatot Poerwarno didampingi KBO Satlantas Iptu E. Marwan dan Kanit Gakkum Iptu Imran.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS