Polres Sekadau Serukan Berkendara Aman dan Taat Hukum

Satlantas Polres Sekadau saat membagikan stiker himbauan Kamseltibcarlantas kepada pengendara kendaraan bermotor, di jalan raya Sekadau, Kamis (30/5/2024). SUARAKALBAR.CO.ID/Polres Sekadau. 

Sekadau (Suara Kalbar)-Satlantas Polres Sekadau melaksanakan kegiatan penerangan keliling (Penling) menyasar masyarakat dan pengendara kendaraan bermotor, di jalan raya Sekadau, Kamis (30/5/2024).

Kanit Kamsel Satlantas Polres Sekadau, Aipda Yuni Iswandi menggunakan pengeras suara menyampaikan penekanan akan bahaya mengendarai kendaraan di bawah pengaruh minuman keras atau alkohol. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran keselamatan berlalu lintas.

“Disampaikan bahwa mengemudi dalam keadaan mabuk tidak hanya membahayakan diri sendiri, tetapi juga orang lain,” ucap Aipda Yuni.

Aipda Yuni dalam penyampaian himbauan itu merujuk pada Pasal 283 Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) yang menyatakan, “Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan secara tidak wajar dan melakukan kegiatan lain atau dipengaruhi oleh suatu keadaan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi di jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 3 (tiga) bulan atau denda paling banyak Rp750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).”

Diinformasikan pula bahwa Jasa Raharja tidak akan menanggung asuransi jiwa dalam kasus kecelakaan lalu lintas yang terjadi di bawah pengaruh minuman keras atau alkohol.

“Hal ini diharapkan dapat menjadi peringatan tegas bagi para pengendara untuk selalu menjaga kesadaran penuh saat berkendara,” jelasnya.

Seluruh masyarakat Kabupaten Sekadau dan sekitarnya juga diajak untuk bersama-sama menjaga keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas di jalan raya. Pentingnya mengutamakan keselamatan dibandingkan kecepatan dalam berkendara.

Sebagai bagian dari kampanye, brosur petunjuk keselamatan berlalu lintas dibagikan kepada para pengguna jalan raya. Brosur tersebut berisi informasi mengenai peraturan lalu lintas dan pengertian Surat Ijin Mengemudi (SIM). Selain itu, brosur dan pamflet bertema “Millenial Road Safety to Zero Accident” juga disebarkan, dengan tujuan mewujudkan generasi milenial yang cinta lalu lintas menuju Indonesia Gemilang.

Ada juga stiker himbauan Kamseltibcarlantas yang dibagikan kepada masyarakat dan pengguna kendaraan bermotor di jalan raya. Kegiatan ini juga disosialisasikan melalui media sosial resmi Satlantas Polres Sekadau seperti Facebook, Instagram, dan Twitter, untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS