Pj Bupati Kayong Utara Terima Audensi PABDSI

Pj Bupati Kayong Utara Romi Wijaya menyambuat baik Ausensi Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PABPDSI) di ruangan Bupati Kayong Utara, Senin (27/5/2024). SUARA KALBAR.CO.ID/Wiwin.

Kayong Utara (Suara Kalbar) – Pj Bupati Kayong Utara Romi Wijaya menerima audiensi, Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PABPDSI) Kayong Utara.

Hal ini bertujuan silahturahmi dan menyampaikan aspirasi Badan Permusyawaratan Desa se-Kabupaten Kayong Utara di Ruang Rapat Bupati, Sukadana, Senin (27/5/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Pj. Bupati Romi Wijaya  menerima suatu dokumen antara lain ialah legalitas Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia Kayong Utara yang diserahkan lagsung oleh Ketua PABPDSI Kayong Utara, Surianto.

Pada momen tersebut, disampaikan beberapa aspirasi BPD se-Kabupaten Kayong Utara kepada Pj Bupati Kayong Utara Romi diantaranya terkait Implementasi Tunjangan BPD, Penghapusan Pasal 19 huruf K Permendagri 110/2016 tentang BPD, Kejelasan status pemilihan Anggota BPD di Desa Teluk Batang Selatan dan Teluk Batang Utara, Permohonan dipercepatnya SK perpanjangan masa keanggotaan.

Kemudian, Permohonan kepada Pemerintah Daerah untuk pengadaan fasilitas Sekretariat dan memfasilitasi Rapat Koordinasi Anggota BPD se-Kabupaten Kayong Utara serta permohonan rekomendasi BIMTEK tahun 2024.

Romi Wijaya menyambut baik aspirasi yang disampaikan BPD dan akan menindaklanjuti dengan berkoordinasi bersama dinas teknis terkait sesuai kewenangan pemerintah daerah.

“Beberapa aspirasi yang disampaikan saya sepakat, dan saya sarankan aspirasi ini untuk didorong secara berjenjang, apa yang perlu ditindaklanjuti sambil berkoordinasi pihak-pihak terkait sehingga ini menjadi aspirasi semuanya,” jelas Romi.

Selain itu, Romi Wijaya juga mengajak seluruh anggota BPD Kabupaten Kayong Utara untuk meningkatkan fungsinya sebagai pengawas kinerja Pemerintah Desa untuk kemajuan Desa, serta mendorong Pemerintah Desa dalam meningkatkan Pendapatan Asli (PAD) Desa sehingga nantinya apa yang menjadi keluhan anggota BPD bisa diakomodir oleh Pemerintah Desa.

“Mari kita bekerjasama dengan baik dan bersinergi untuk pembangunan daerah, dan apa yang disampaikan akan jadikan sebagai masukan dan kita memang harus lihat kemampuan keuangan daerah,” ungkap Romi.

Ia mengatakan  bahwa meningkatkan PAD Desa ini membutuhkan kerjasama semua pihak sehingga kebutuhan dan aspirasi ini bisa diakomodir. “Kuncinya APBD kita kedepan harus kuat, itu menjadi tugas besar bagi kita bersama karena pemerintah daerah tidak bisa bekerja sendiri begitu juga dengan Pemerintah Desa,” katanya.

Sementara itu, Ketua Pengurus Daerah PABPDSI Kabupaten Kayong Utara Surianto mengucapkan terima kasih kepada Pj Bupati Kayong Utara atas kesempatan dan bersilaturahmi dan menyampaikan aspirasi BPD se-Kabupaten Kayong Utara.

“Pertama kami ingin bersilaturahmi agar terjalinnya komunikasi baik dengan pemerintah daerah, kedua kami menyampaikan aspirasi-aspirasi yang telah kami jaring di BPD se-Kayong Utara dan yang ketiga kami juga menyerahkan dokumen-dokumen legalitas Pengurus Daerah PABPDSI Kabupaten Kayong Utara,” katanya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS