Mengenal Lebih Dekat Firdaus Putra, Calon Kuat Ketua KKSS Kalbar 2024-2029

Foto Firdaus Putra (seragam putih) mengenakan Pakaian Adat Sulawesi Selatan Bersama 3 Saudaranya yakni, Munir Putra, Nasir Putra dan Imran Putra.[SUARAKALBAR.CO.ID/HO-Istimewa]

Pontianak (Suara Kalbar) – Badan Pengurus Wilayah Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (BPW KKSS) Kalimantan Barat akan segera menggelar Musyawarah Wilayah (Muswil) pada 11 Mei 2024 mendatang. Salah satu agenda utama dalam acara tersebut adalah pemilihan Ketua baru untuk periode 2024-2029.

Menurut hasil perhitungan dari laman polingkita.com pada Kamis (9/5/2024) sekitar pukul 21.00 WIB, Firdaus Putra mendominasi dengan perolehan suara 43 suara, sementara 3 kandidat lainnya, yakni Andi Tendri Sangka dengan 18 persen, Andi Bahrun dengan 7 suara, dan Burhanuddin Abdullah serta sang petahana Burhanuddin Ahad masing-masing dengan 3 dan 10 suara.

Firdaus Putra, yang telah lama dikenal sebagai tokoh senior di KKSS Kalbar, menyatakan kesiapannya untuk mencalonkan diri sebagai Ketua baru.

“Atas desakan para sesepuh dan banyak warga KKSS di Kalbar, dan pertimbangan dari kerabat, Insya Allah saya siap untuk mencalonkan diri sebagai Ketua,” ujarnya saat ditemui pada Kamis malam.

Firdaus juga menegaskan niatnya untuk mengembalikan kejayaan KKSS Kalbar di bawah kepemimpinan sebelumnya serta mempersatukan kembali kekompakan warga KKSS Kalbar.

“Saya ingin mengembalikan marwah dan kejayaan KKSS Kalbar di masa kepemimpinan Puang Andi Bahrun, dan mendiang Puang Kadir Ube yang lalu,”ujarnya.

Salah satu program utama yang akan diprioritaskan jika terpilih adalah pembuatan database setiap warga KKSS di Kalimantan Barat dengan memanfaatkan teknologi saat ini, sehingga komunikasi dan silaturahmi dapat lebih mudah dilaksanakan.

“Selain itu saya juga ingin mempersatukan kembali kekompakan warga KKSS Kalbar,”ucapnya.

Firdaus Putra atau sering dikenal dengan sebutan Firdaus telah bergabung dengan KKSS Kalbar sejak dari zaman Ketua (Alm) Kadir Ubbe’. Pada periode Ketua terakhir, Ia menjabat sebagai Ketua Harian BPW KKSS Kalbar.

Pria kelahiran Wajok Hilir pada 17 Mei 1975 ini juga digelari Petta Temmu oleh Ketua Komunitas Pemerhati Parewa Bessi “Awang Tangka” Kabupaten Bone.

Dari jalur orang tua laki-laki Firdaus Putra bernasab ke Bone  dengan urutan silsilah Firdaus Putra bin H Muhammad Hasani bin Daeng Abdul Wahid bin Daeng Ceng Ge bin Puatta Kapitang La Palancoi bin Puatta La Temmu Page Arung Labuaja (Panglima perang Kerajaan Bone pada masa Arumpone La Pawawoi Karaeng Sigeri).

Sementara bila ditarik dari garis ibu, maka ia berasal dari Wajo, salah satu kabupaten yang ada di Sulawesi Selatan.

Ketersambungan nasab dari jalur ayahnya hingga Mangkau’ Bone ke-22 (Puatta La Temmasonge) dan ke-16 (Puatta La Patau Matanna Tikka) membuat Firdaus saat ini juga menjadi bagian dari PERWIRA LPMT (Perkumpulan Wija Raja La Patau Matanna Tikka) dan pada beberapa kesempatan menghadiri kegiatan-kegiatan pertemuan wija.

Saat ini ia juga menjabat sebagai Ketua 1 Organisasi Kerukunan Perantau Masyarakat (KPM) Bone – Kalimantan Barat.

Dengan segudang pengalaman dan latar belakang, bisa dipastikan Firdaus Putra adalah calon kuat Ketua KKSS KALBAR untuk periode 2024 – 2029.

Profil Firdaus Putra:

Nama : Firdaus Putra,S.Pd.I,M.Pd
TTL : Wajok Hilir, 17 Mei 1975
Alamat : Komplek Villa Gading Mansion 1 No A.18 Kel.BBD.Kec.Pontianak Tenggara

Pekerjaan : ASN di Sekretariat DPRD KKR

Pendidikan :
1. S.1 di IAIN Pontianak
2. S.2 di UHAMKA Jakarta

Pengalaman Organisasi:
1. Pelajar Islam Indonesia (PII) Kalbar
2. Dewan Perwakilan Mahasiswa IAIN Ptk 1997
3. Dewan Dakwah Islam Indonesia Kalbar (DDII)
4. BKPRMI Kota Pontianak
5. Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kalbar (sekarang)
6. MABM KB
7. BPW KKSS Kalbar (Ketua Harian)
8. KPM Bone (Ketua 1)
9. PERWIRA LPMT (Pengurus Kalbar)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS