Forum Pembauran Kebangsaan Sintang Deklarasikan Sintang Bersatu dalam Kebersamaan

Deklarasi Kebangsaan Sintang Bersatu dalam Kebersamaan di Pendopo Bupati Sintang, Selasa (14/5/2024). SUARAKALBAR.CO.ID/Kominfo Sintang.

Sintang (Suara Kalbar) – Forum Pembauran Kebangsaan Kabupaten Sintang melalui sejumlah tokoh masyarakat lintas etnis sampaikan Deklarasi Kebangsaan Sintang Bersatu dalam Kebersamaan di Pendopo Bupati Sintang, Selasa (14/5/2024).

Pembacaan deklarasi dipimpin oleh Benedikta Dinar dari Flobamora dan diikuti tokoh lintas etnis lainya. Adapun isi deklarasi tersebut yakni,
Kami perwakilan suku bangsa Indonesia di Kabupaten Sintang menyatakan bertekad setia dan menjunjung tinggi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Bertekad menjaga kekompakan dalam keberagaman suku bangsa, adat istiadat dan kebudayaan. Bertekad menjaga persatuan dan kesatuan hidup bermasyarakat berbangsa dan bernegara. Bertekad menjaga kerukunan dan toleransi antar umat beragama dalam mewujudkan kehidupan masyarakat yang harmonis dan penuh dengan kedamaian.

“Demikian ikrar kebangsaan Sintang dalam kebersamaan dibacakan dalam peringatan hari jadi ke 662 Kota Sintang sebagai pernyataan sikap atas Sintang Sebagai Rumah Besar Bagi Seluruh Masyarakat, ” kata Benedikta Dinar dari Flobamora.

Deklarasi itu diapresiasi Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Kartiyus. Dia juga berterima kasih kepada para tokoh adat dan tokoh masyarakat yang telah mendeklarasikan tekad bersama untuk menjaga kebersamaan dalam keberagaman sebagai modal utama menjaga persatuan dan kesatuan masyarakat dan kerukunan antar pemeluk agama di Kabupaten Sintang.

“Mari kita wujudkan Sintang kota kolaborasi, kompak, bersatu dan toleransi,” imbuh Kartiyus.
IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS