Dinkes Sintang Launching Pengukuran Bayi Serentak se-Kabupaten

Pengukuran bayi di Aula Dinas Kesehatan Sintang, Kamis (30/5/2024). SUARAKALBAR.CO.ID/Dinkes Sintang. 

Sintang (Suara Kalbar) – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, Edy Harmaeni melaunching Intervensi Serentak Pencegahan Stunting se-Kabupaten Sintang di Aula Dinas Kesehatan Sintang, Kamis (30/5/2024).

Edy Harmaeni memaparkan kegiatan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting di Kabupaten Sintang akan diisi dengan pendataan, penimbangan, pengukuran, edukasi dan intervensi bagi seluruh ibu hamil, bayi di bawah lima tahun (Balita) dan calon pengantin (Catin) secara berkelanjutan yang akan dilaksanakan pada bulan Juni 2024.

Tujuan kegiatan ini untuk mendeteksi secara dini masalah gizi, memberikan edukasi pencegahan stunting kepada seluruh sasaran dan melakukan intervensi segera bagi sasaran yang memuliki masalah gizi serta meningkatkan cakupan kunjungan sasaran ke Posyandu.

Kegiatan ini juga dalam rangka mendukung pelaksanaan kegiatan 10 Pasti Intervensi Serentak pencegahan stunting yaitu dengan memastikan pendataan seluruh Calon Pengantin atau catin, Ibu Hamil, dan Balita yang ada di wilayah kerjanya sebagai sasaran. Memastikan seluruh Catin mendapatkan pendampingan serta memastikan kehadiran Ibu Hamil dan Balita datang ke Pos Pelayanan Terpadu atau Posyandu.

“Kita juga ingin memastikan ketersediaan alat antropometri terstandar di seluruh Posyandu. Memastikan seluruh kader Posyandu memiliki keterampilan dalam pengukuran antropometri terstandar serta mampu memberikan penyuluhan kepada ibu hamil dan balita, ” kata Edy.

Edy mengatakan meski ada beberapa puskesmas yang belum memiliki jaringan internet seperti Senaning, Kemangai, Lebang, Jelimpau dan Jasa. Namun pihaknya yakin dengan kolaborasi banyak pihak, penurunan stunting dapat dilakukan. Nantinya hasil pengukuran serentak ini juga akan disampaikan ke Dinas KBP3A dan Dinas PMPD untuk kemudian diambil kebijakan khusus di lapangan.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS