Daerah Tepian Sungai di Sekadau Terendam Banjir

Daerah tepian sungai di Kabupaten Sekadau mulai terendam banjir, Jumat (10/5/2024). SUARAKALBAR.CO.ID/Fadil

Sekadau (Suara Kalbar) – Curah hujan yang cukup tinggi membuat sungai Kapuas di Kabupaten Sekadau mulai meluap. Sejumlah daerah ditepian sungai terendam banjir.

Pada Jumat (10/5/2024), Desa Merapi, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau dilanda banjir. Bujang (50), seorang warga setempat, menyatakan bahwa salah satu penyebaterjadinya banjir adalah kiriman air dari hulu sungai kapuas.

“Penyebab banjir adalah kiriman air dari hulu Sungai Kapuas saat hujan turun. Hal ini menyebabkan sungai tersebut tidak mampu menampung volume air hujan yang tinggi, sehingga terjadi peluapan yang berujung pada banjir di wilayah Pemukiman yang berada ditepian sungai kapuas,” ujar Bujang pada Jumat, (10/5/2024).

Masyarakat setempat hanya bisa pasrah melihat keadaan banjir yang semakin naik, sementara ini banjir sudah mencapai ketinggian 10 cm, diperkirakan air akan terus naik karena musim penghujan masih belum berakhir.

“Dalam tahun 2024 ini Desa Merapi sudah tiga kali dilanda oleh banjir, tetapi tidak lama biasanya hanya 5-7 hari saja,” kata Bujang.

Tidak hanya Desa Merapi saja yang terendam oleh banjir pada saat ini, tetapi juga desa-desa yang berada disekitar tepian sungai Kapuas.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS