WhatsApp Uji Coba Fitur Berbagi Berkas dengan Pendekatan Seperti AirDrop

Fitur baru WhatsApp akan memungkinkan berbagai file berukuran besar atau HD dengan lebih mudah. (Dignited/IST)

Jakarta (Suara Kalbar)- Aplikasi obrolan milik Meta, WhatsApp, sedang melakukan uji coba untuk menambahkan beberapa detail pada fitur berbagi berkas yang menggunakan pendekatan mirip dengan berbagi file di AirDrop.

Melansir dari Beritasatu.com, Senin(22/4/2024), WhatsApp telah mengembangkan fitur berbagi berkas dengan pengguna terdekat menggunakan Bluetooth pada Januari 2024.

Meskipun masih dalam tahap pengujian, WABetaInfo menemukan beberapa tambahan detail antarmuka pada WhatsApp Beta Android versi 2.24.9.22 yang tersedia di Google Play Store, termasuk layar yang menjelaskan fungsi fitur dan izin yang diperlukan.

Konsep dari fitur ini sederhana, ketika pengguna ingin membagikan berkas, mereka dapat langsung menemukan pengguna WhatsApp terdekat melalui bagian baru dalam aplikasi.

Aplikasi kemudian akan menggunakan perangkat Bluetooth dan/atau Wi-Fi untuk menemukan perangkat terdekat tanpa perlu menggunakan koneksi data. Pengirim dan penerima kemudian perlu membuka bagian berbagi yang baru untuk terhubung.

Pendekatan opt-in diterapkan pada fitur berbagi berkas WhatsApp, mirip dengan AirDrop di iOS dan Quick Share di Android, sehingga pengguna memiliki kendali penuh atas privasi mereka.

WhatsApp juga menjamin pengguna bahwa semua dokumen yang dibagikan akan tetap dienkripsi untuk keamanan, dan nomor telepon akan disembunyikan bahkan saat berbagi.

Pengguna yang ingin menggunakan fitur ini akan diminta memberikan beberapa izin akses kepada WhatsApp, termasuk izin akses ke berkas yang ingin dibagikan dan izin untuk menggunakan layanan lokasi perangkat untuk melihat perangkat lain yang berdekatan.

Fitur berbagi dokumen pada WhatsApp diharapkan dapat memungkinkan pemilik perangkat dengan sistem operasi berbeda untuk bertukar dokumen dengan mudah.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS