Wamenag Prediksi 1 Syawal 1445 Hijriah Jatuh Pada 10 April

Wakil Menteri Agama (Wamenag) Saiful Rahmat Dasuki. SUARAKALBAR.CO.ID/Istimewa.

Suara Kalbar– Wakil Menteri Agama (Wamenag) Saiful Rahmat Dasuki memprediksi, tanggal 1 Syawal 1445 Hijriah akan jatuh pada esok hari, Rabu, 10 April 2024.

Hal itu disampaikan karena posisi hilal saat ini sudah memasuki kriteria Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (MABIMS). Dengan 7 derajat 37,8 menit dan sudut elongasi berkisar pada 8 derajat 23, 68 menit sampai 10 derajat 12,94 menit, menurut kriteria MABIMS. Hal itu diprediksi telah memenuhi visibilitas hilal atau imkanur rukyat, yaitu tinggi hilal 3 derajat dan elongasi sebesar 4 derajat.

“Jadi diprediksi kita akan menyelenggarakan salat Idulfitri pada besok, 10 April 2024 bertepatan dengan 1 Syawal 1445 Hijriah. Tentunya nanti kita akan konfirmasi lagi dalam sidang isbat yang akan kita selenggarakan pada sore hari nanti,” kata Saiful, dilansir dari Beritasatu.com, Selasa (9/4/2024).

Lebih lanjut, Saiful menjelaskan, penetapan Idulfitri masih akan dilakukan Selasa malam. Namun, persiapan penyelenggaraan salat Idulfitri di Masjid Istiqlal sudah dilakukan. Dimana nantinya akan dihadiri Presiden Joko Widodo beserta ibu, Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin beserta ibu, dan juga pejabat tinggi negara lainnya beserta dengan para duta besar negara sahabat.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS