Tips Balik Usai Libur Lebaran, Wajib Disimak

Pengendara motor memadati jalan di Bogor setelah mudik Lebaran di kampung halaman, 25 April 2023. BPS melaporkan ekonomi Indonesia tumbuh 5,03% pada Triwulan I ditopang oleh konsumsi rumah tangga yang tercermin pada peningkatan pembelian motor. (Foto: Aditya Aji/AFP)

Suara Kalbar– Usai libur lebaran, kini saatnya kembali melanjutkan rutinitas harian. Bagi anda yang mudik ataupun berwisata kini saatnya mempersiapkan diri untuk melakukan perjalanan balik tentunya tidak lupa mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan selama di perjalanan.

Berikut adalah tips menghadapi arus balik Lebaran agar perjalanan Anda lancar tanpa gangguan dilansir dari Beritasatu.com.

1. Pilih waktu yang tepat

Agar tidak terjebak kemacetan panjang saat arus balik, sebaiknya Anda memilih waktu pulang yang tepat. Hindari pulang pada hari yang sama dengan kebanyakan pemudik lainnya. Anda bisa kembali lebih awal atau malah setelah periode liburan usai. Arus lalu lintas pada saat-saat tersebut cenderung lebih lengang.

2. Gunakan aplikasi navigasi

Seperti halnya ketika mudik, Anda juga bisa menggunakan aplikasi navigasi untuk merencanakan perjalanan arus balik. Beberapa aplikasi navigasi dapat memberikan informasi real-time mengenai kondisi lalu lintas di sepanjang perjalanan.

3. Persiapkan kendaraan

Bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi, sudah sepatutnya memeriksa kondisi kendaraan. Periksa kondisi mesin, air radiator, rem, tekanan ban dan seluruh instrumen elektrikal berfungsi baik. Pastikan kendaraan dalam kondisi prima agar perjalanan berlangsung lancar dan aman ketika menghadapi situasi arus balik libur lebaran.

4. Siapkan bekal makanan

Anda tidak akan tahu apa yang akan dihadapi selama perjalanan arus balik. Untuk itu, sebaiknya persiapkan perbekalan makanan secukupnya. Dengan membawa bekal, Anda dapat menghemat waktu dan menghindari antrean panjang di rest area atau warung makan di sepanjang jalan.

5. Tetap berkomunikasi dengan rombongan

Jika Anda melakukan perjalanan arus balik bersama rombongan keluarga, pastikan untuk tetap berkomunikasi sepanjang perjalanan. Ini penting untuk mengetahui informasi terkini situasi lalu lintas yang akan dihadapi.Tentukan titik kumpul atau jadwal istirahat bersama untuk memastikan semua anggota keluarga atau rombongan dapat berkumpul dan beristirahat secara bersamaan.

6. Patuhi peraturan lalu lintas

Kunci keselamatan berkendara adalah dengan mematuhi peraturan lalu lintas. Jaga jarak aman antara kendaraan dan tetap waspada terhadap kondisi lalu lintas di sekitar Anda adalah hal yang penting untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS