Rekor Dunia: Tengkorak Pliosaur Terlengkap yang Pernah Ditemukan

Tengkorak kepala monster laut pliosaur berhasil masuk Guinness World Records. (IST/IST)

Jakarta (Suara Kalbar)- Tengkorak kepala monster laut prasejarah, pliosaur, telah memecahkan rekor dunia sebagai tengkorak bintang prasejarah paling lengkap yang pernah ditemukan manusia. Guinness World Records secara resmi mengakui tengkorak ini sebagai yang terlengkap dalam jenisnya.

Tengkorak pliosaur yang memiliki panjang 2 meter ini dianggap sangat lengkap dibandingkan dengan fosil-fosil lain binatang prasejarah yang pernah ditemukan di bumi.

Dr. Steve Etches, seorang pakar paleontologi terkemuka dari Inggris, mengungkapkan kegembiraannya atas pencapaian ini. “Kami mendengar kabar tengkorak ini dianugerahi gelar Guinness World Record sebagai tengkorak yang paling lengkap dari jenisnya yang pernah ditemukan. Ini adalah sebuah penghargaan yang sangat menyenangkan untuk dibagikan sebagai bagian dari cerita yang sedang berlangsung,” kata Dr. Etches melansir dari Beritasatu.com, Selasa(9/4/2024).

“Kami mendengar kabar tengkorak ini dianugerahi gelar Guinness World Record sebagai tengkorak yang paling lengkap dari jenisnya yang pernah ditemukan. Ini adalah sebuah penghargaan yang sangat menyenangkan untuk dibagikan sebagai bagian dari cerita yang sedang berlangsung,” ujar Dr Steve Etches, pakar paleontologi terkenal dari Inggris.

Diketahui tengkorak pliosaur berusia 150 juta tahun lalu itu ditemukan pada 2022 lalu di sebuah tebing yang ada di Dorsett, Inggris. Saat itu seorang penggemar fosil dari Inggris Philip Jacobs melihat ada bentuk fosil tengkorak yang sangat aneh di tebing tersebut.

Ia kemudian menghubungi Dr Steve Etches untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut. Tidak main-main Dr Steve Etches kemudian mengerahkan sumber daya dan finansial yang sangat besar agar tengkorak monster laut prasejarah itu bisa diangkat.

Setelah berhasil diangkat, tengkorak itu kini dipamerkan di museum The Etches Collection, di kawasan Kimmeridge, Inggris. Kini tengkorak kepala monster laut prasejarah itu dinobatkan sebagai yang paling lengkap di dunia.

“Tengkorak itu  memiliki fitur yang tidak terlihat pada pliosaur lain, termasuk sebuah kresta kepala yang tinggi, yang menunjukkan bahwa mungkin menjadi spesies baru bagi ilmu pengetahuan,” sebut BBC.

Sementara Dr Steve Etches berencana melakukan penggalian lagi di kawasan itu. Dia berupaya menggalang dana untuk mengambil kembali bagian lain dari monster laut berusia 150 juta tahun. Dia yakin masih ada bagian tengkorak lain yang masih tertanam di tebing tempat tengkorak pertama ditemukan.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS