Ramadhan dan Idul Fitri Menteri ESDM Sebut Stok BBM Aman

Menteri ESDM Arifin Tasrif (dua dari kiri), saat melakukan kunjungan kerja di SPBU, Ngagel, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (4/4/2024). ANTARA/HO-Humas BPH Migas

Suara Kalbar– Mencegah gangguan pasokan energi selama periode Ramadhan dan Idul Fitri (Rafi) 2024, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif meminta pihak-pihak terkait mewaspadai cuaca ekstrem meskipun stok BBM aman.

“Semoga tidak ada cuaca yang ekstrem karena dapat mempengaruhi suplai material utama. Tapi, persiapan sekarang ini sudah cukup bagus,” kata Menteri Arifin dalam keterangannya yang dikutip dari Antara, Jumat (5/4/2024).

Arifin juga sempat melakukan kunjungan kerja dengan didampingi Kepala Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Erika Retnowati di Integrated Terminal BBM, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (4/4/2024).

Menurut dia, saat ini kondisi stok BBM dan LPG dalam kondisi aman. Stok BBM jenis Pertalite mencukupi kebutuhan selama 20 hari, Solar 20 hari, Pertamax 35 hari, dan LPG 12 hari. Guna mengamankan pasokan BBM, LPG, dan kelistrikan, pemerintah telah membentuk Posko Nasional Sektor ESDM, yang berpusat di Kantor BPH Migas, Jakarta, mulai 3 April hingga 19 April 2024.

Arifin juga mengharapkan PT Pertamina (Persero) terus meningkatkan pelayanan, serta selalu melakukan evaluasi agar masyarakat terlayani dengan baik.

Hingga saat ini, peningkatan konsumsi BBM baru mencapai lima persen dan diantisipasi meningkat dua kali lipat dari hari biasanya. Menteri ESDM juga mengapresiasi upaya PLN menggunakan compressed natural gas (CNG) sebagai bahan bakar pembangkit listrik untuk mendukung transisi energi dari BBM ke gas.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS