PUPR Sigap Tangani Longsoran Tanah yang Timbun Ruas Jalan Kapuas Hulu 

Alat berat Kementerian PUPR menangani timbunan tanah longsor di ruas jalan nasional di Kecamatan Batang Lupar, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. SUARAKALBAR.CO.ID/HO-PPK Kementerian PUPR

Kapuas Hulu (Suara Kalbar) – Tanah longsor menutupi ruas jalan nasional di Kecamatan Batang Lupar, perbatasan Indonesia-Malaysia, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sigap beri penanganan, Kamis (11/4/2024).

Pejabat Pembuatan Komitmen (PPK) 3.3 Kementerian PUPR, Bintang Pamungkas mengatakan saat ini pihaknya sedang menangani timbunan tanah akibat tanah longsor menggunakan alat berat dengan target 1×24 jam untuk membuka akses satu jalur untuk pengguna jalan. Dia memaparkan ada tiga lokasi timbunan tanah longsor di sepanjang ruas jalan nasional itu, tepatnya di kilometer 769-770.

“Saat ini sedang proses penanganan dengan mendatangkan wheelloader dan kami juga sudah lakukan koordinasi dengan Dinas PUPR Kapuas Hulu,” jelasnya dilansir dari ANTARA.

Para pengendara juga dihimbau untuk berhati-hati saat melintas, terutama di sekitar lokasi tanah longsor, karena dikhawatirkan terjadi longsor susulan dan kondisi jalan masih licin.

Camat Batang Lupar, Aleksius Bulin mengatakan tanah longsor terjadi diperkirakan pada malam hari akibat hujan yang terjadi di beberapa lokasi di Desa Sungai Abau. Lokasi tanah longsor itu di Bukit Genting Lanjak, sekitar Batu Ancau, sekitar Simpang Sungai Iring (tempat pekuburan Sungai Sedik) dan Lubang Landak.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS