PLN UID Kalbar Siap Sukseskan Pagelaran Naik Dango 2024

Petugas PLN saat siaga pada kegiatan Naik Dango di Rumah Radakng jalan Sutan Syahrir Pontianak, Kamis (18/4/2024). HO.Humas PLN Kalbar.

Pontianak (Suara Kalbar)- Dewan Adat Dayak (DAD) Kota Pontianak akan melaksanakan pagelaran Gawai Naik Dango untuk pertama kalinya di kota Pontianak tahun 2024 di Rumah Radakng jalan Sutan Syahrir Pontianak.

Ketua DAD kota Pontianak Yohanes Nenes mengatakan bahwa Gawai Naik Dango di kota Pontianak ini akan di selenggarakan pada 18-21 April 2024 dengan mengangkat Tema membangun budaya dayak menuju Indonesia emas ditahun 2045.

“Gawai naik Dango di kota Pontianak yang akan kita gelar pada tanggal 18 sampai 21 April tahun 2024 mendatang akan di laksanakan di rumah Radakng Pontianak, Kalimantan Barat,” ujar Yohanes Nenes.

Yohanes Nenes mengatakan bahwa Gawai Naik Dango ini merupakan yang pertama kali di kota Pontianak yang di rencanakan akan dibuka langsung oleh menteri pariwisata dan ekonomi kreatif Sandiaga Uno.

Nenes menyampaikan dalam rangkaian acara Gawai naik Dango akan di laksanakan sejumlah kegiatan seperti ada ritual adat nyagahant, tarian nimang padi, pertunjukan musik Jongan, olah raga tradisional sumpit dan permainan pangka gasing dan tak lupa juga akan dipertunjukkan kerajinan tradisional seperti menganyam, memahat dan Seni tato.

“Untuk melihat potensi pariwisata di kota Pontianak akan dilaksanakan susur sungai Kapuas dan kunjungan ke Tugu Khatulistiwa,” katanya.

Yohanes Nenes mengatakan makna naik Dango sendiri bagi masyarakat Dayak bagian dari ungkapan rasa syukur kepada Jubata (Tuhan )yang maha kuasa atas berkah yang di berikan berupa hasil panen padi yang berlimpah. Semoga dengan adanya pagelaran Naik Dango 2024 ini dapat meningkatkan ekonomi pariwisata di Kota Pontianak.

General Manager PLN UID Kalimantan Barat Joice Lanny Wantania di tempat yang berbeda menyampaikan bahwa PLN Siap mendukung kesuksesan acara pangelaran Naik Dango 2024 Kota Pontianak.

“PLN telah mensiagakan personil 24 jam dan menempatkan satu unit UPS Mobile dengan kapasitas 1000 VA di lokasi acara naik dango untuk mendukung suksesnya acara tersebut” ujar Joice.

Selain itu untuk keandalan kelistrikan suplai acara Gawai Naik Dango ini, PLN memberikan layanan prioritas suplai keandalan ke lokasi dari 2 jalur dan 2 Gardu Induk yang berbeda serta terus dipantau melalui patroli tim Pelayanan Teknik.

Joice berharap semoga acara berjalan dengan lancar aman dan sukses tanpa ada gangguan sehingga masyarakat Kalimantan Barat dapat menghadiri serangkaian acara tersebut dengan nyaman dan tenang.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS