Pj Bupati Sanggau Suherman Tinjau Pembangunan RSUD Mth Djaman

Pj Bupati Sanggau Suherman saat meninjau RSUD M.Th Djaman, Rabu (17/4/2024). SUARAKALBAR.CO.ID/ HO.Istimewa.

Sanggau (Suara Kalbar) Pejabat (Pj) Bupati Kabupaten Sanggau Suherman bersama Sekretaris Daerah, kepala Dinas Kesehatan dan Direktur Rumah Sakit meninjau pembangunan infrastruktur RSUD M.Th Djaman masih belum rampung seluruhnya.

Dia menyampaikan rencana perpindahan seluruh pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) M.Th Djaman Kabupaten Sanggau ke bangunan baru masih terganjal urusan infrastruktur.

Pemerintah Daerah menargetkan perpindahan keseluruhan akan terealisasi pada akhir 2024 mendatang.“Masih banyak pekerjaan rumah yang harus dilengkapi sebelum perpindahan. Aspek sumber daya manusia dan anggaran yang besar jadi tantangan bagi pemerintah daerah. Targetnya, kalau bisa sih tahun ini ya. Kita juga melihat tadi dari aspek sumber daya manusia kemudian pembiaayaan juga karena memerlukan biaya yang tidak sedikit. Milyaran yang kita perlakuan untuk perpindahan dari rumah sakit lama ke rumah sakit baru,” ujar Suherman, Rabu (17/4/2024).

Suherman juga menegaskan bahwa pemerintah daerah berkomitmen untuk perpindahan pelayanan RSUD M.Th Djaman ke bangunan yang baru jadi prioritas di tahun 2024 ini, tentunya agar masyarakat dapat layanan kesehatan yang semakin baik.

“Sementara kebutuhan kita juga banyak tidak hanya untuk rumah sakit ya. Jadi kita tentu akan melihat dulu, mengkaji, tentu skala prioritas. Salah satu prioritasnya rumah sakit ini,” katanya.

Direktur RSUD M.Th Djaman Roy Naibaho menilai pelayanan terpisah yang berjalan saat ini harus segera dilakukan penyatuan. Mengingat, untuk pelayanan kesehatan maksimal harus dilakukan secara terpadu di lokasi yang sama.

“Izin operasi pelayanan kesehatan terpisah yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan RI hanya untuk satu tahun. Bagaimanapun ini kan harus segera dilakukan penyatuan pelayanan, sehingga tidak terjadi rujuk sana rujuk sini,” kata Naibaho.

Roy Naibaho mengatakan infrastruktur bangunan RSUD M.Th Djaman yang masih belum lengkap yaitu, fasilitas gizi, kamar mayat, instalasi pemeliharaan sarana dan prasarana rumah sakit hingga fasilitas laundry.

“Untuk melengkapi infrastruktur RSUD M.Th Djaman agar memenuhi kelayakan untuk pindah secara keseluruhan sudah diperhitungkan dan diserahkan kepada pemerintah daerah dalam penganggarannya sedari awal,” jelasnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS